Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Tubuh Tetap Fit dan Terlihat Awet Muda dengan Olahraga 30 Menit

Fimela.com, Jakarta Secara umum, olahraga adalah aktivitas fisik yang sangat dianjurkan bagi semua orang karena baik untuk kesehatan. Selain membantu untuk mengurangi berat badan dan membentuk otot, olahraga juga dapat membuatmu tetap awet muda, lho. Dengan melakukan olahraga secara rutin, dapat dipastikan, Sahabat Fimela bisa merasakan manfaat-manfaat tersebut.

Dilansir dari Wellspring.edu, studi yang dilakukan oleh McMaster University di Ontario menunjukkan bahwa olahraga memiliki dampak positif pada kulit untuk menjaga elastisitasnya. Studi ini melibatkan orang dewasa berusia antara dua puluh hingga delapan puluh tahun dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan kondisi kulit pada orang-orang yang rutin berolahraga dibandingakan dengan orang yang jarang berolahraga. Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada usia empat puluh tahun memiliki kulit yang sebagaimana elastisnya seperti orang-orang di awal tiga puluhan. Berolahraga secara teratur membuat tubuh jadi lebih sering berkeringat. Saat berkeringat, tubuh akan terbebas dari kotoran dan zat-zat yang merugikan, sehingga kulit akan terlihat bersinar dan sehat.

Dilansir dari Ulike.com, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga lebih banyak oksigen dan nutrisi yang disalurkan. Hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Selain itu, olahraga rutin membantuk memproduksi kolagen secara maksimal. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, yang mana dapat menyebabkan kerutan pada kulit. Olahraga aerobik dapat membantu merangsang produksi kolagen yang lebih tinggi, sehingga kulit tampak lebih berisi dan sehat.

Jadi, jika Sahabat Fimela ingin memiliki tubuh fit dan tetap terlihat awet muda, berolahragalah secar teratur. Faktanya tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga. Akan tetapi, jika Sahabat Fimela benar-benar menginginkan tubuh yang fit dan awet muda, luangkanlah waktu sebentar untuk berolahraga. Dilansir dari Mayo Clinic, dianjurkan untuk setidaknya melakukan olahraga selama 30 menit sehari supaya tubuh tetap sehat. Nah, inilah empat jenis olahrga 30 menit yang bisa dijadikan pilihan untuk membuat tubuh tetap fit dan terlihat awet muda.

1. Yoga

Sahabat Fimela dapat melakukan yoga selama 30 menit sehari untuk membuat tubuh tetap fit. Yoga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga atubuh tetap fit, tetapi juga membantu menjaga kelenturan tubuh hingga usia lanjut. Latihan peregangan dalam yoga membantu melumasi sendi-sendi pada tubuh dan menjaganya tetap fleksibel.

Olahraga yoga juga dapat meingkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar berperan dalam pengiriman oksigen ke seluruh tubuh, yang mana sangat membantu untuk menjaga tubuh tetap fit dan terlihat awet muda.

2. Pilates

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan awet muda. Seperti yoga, pilates adalah olahraga yang menghubungkan pernapasan dengan gerakan tubuh. Jika yoga menghubungkan pernapasan dengan pikiran dan tubuh dengan kesadaran yang tinggi, pilates lebih berfokus pada menghubungkan pernapasan dengan saat sekarang dan tubuh sendiri.

Dilansir dari Muscle and Health, lpilates berfokus pada penyejajaran tulang belakang dan otot-otot kecil yang mendukung sistem muskuloskeletal. Ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk. Latihan intensitas rendah ini merupakan bentuk olahraga yang dapat dilakukan sepanjang usia tanpa menimbulkan dampak negatif pada tubuh dan sendi. Pilates dapat membantu menjaga kemampuan kognitif, keseimbangan, kerapatan tulang, serta kesehatan tulang belakang.

Sahabat Fimela dapat melakukan pilates sendiri selama 30 menit di rumah menggunakan kursi, matras, atau berbagai peralatan khusus seperti wunda chair, barrel, reformer, atau cadillac. Akan tetapi, jika Sahabat Fimela memiliki cedera atau masalah postur, maupun sedang hamil atau pascamelahirkan, sangat disarankan untuk latihan bersama instruktur Pilates yang terkualifikasi dan mendapatkan persetujuan dari profesional kesehatan sebelum memulai latihan.

3. Lari

Lari dianggap sebagai salah satu bentuk latihan fisik terbaik karena membantu meningkatkan sirkulasi darah, membangun stamina secara bertahap, dan menguatkan otot-otot kaki. Seperti yang sudah dijelaskan, sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Selain itu, melalui lari denagn rutin, seseorang dapat membangun staminanya secara bertahap, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat. Manfaat lain dari lari yaitu membantu menguatkan otot-otot kaki, otot kaki yang kuat dapat mempertahankan posisi postur tubuh yang benar.

Ada baiknya jika Sahabat Fimela berlari outdoor di pagi hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang sehat. Selain mendapatkan manfaat yang sudah dijelaskan tadi, Sahabat Fimela akan merasakan manfaat vitamin D dari paparan sinar matahari tersebut.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu bentuk kardio yang paling efektif untuk menjaga tubuh tetap fit dan awet muda. Bersepeda membantu meningkatkan kekuatan otot inti (core) secara langsung karena olahraga ini melibatkan sejumlah otot bagian atas dan bawah. Penting untuk menjaga otot inti tetap kuat karena otot ini membantu menjaga postur tubuh yang baik. Dengan bersepeda secara teratur, Sahabat Fimela dapat mempunyai postur tubuh yang lebih bagus, termasuk kaki yang ramping.

Itulah beberapa pilihan olahraga yang dapat Sahabat Fimela lakukan selama 30 menit sehari. Meskipun hasilnya tidak bisa dilihat secara instan, Sahabat Fimela akan merasakan perubahannya sedikit demi sedikit. Kuncinya adalah dengan melakukan olahraga tersebut secara teratur dan konsisten.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading