Sukses

Health

Tubuh Terbentuk dan Terlihat Fit, 6 Rekomendasi Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Lemak Dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh yang terbentuk dan terlihat fit merupakan salah satu mimpi terbesar dari setiap orang. Namun, untuk mencapai tujuan itu bisa dikatakan tidak semudah yang kita pikirkan. Demi mencapai tujuan itu perlu adanya dukungan dari olahraga dan pola makan yang sempurna. Selain itu, tekad yang kuat juga harus ditanamkan khususnya untuk orang-orang yang ingin mendapatkan tubuh yang terbentuk dan terlihat fit. 

Setiap gerakan olahraga memiliki peran dan tujuannya masing-masing. Contohnya plank, plank biasanya menargetkan otot di bagian perut. Olahraga ini memiliki tujuan untuk membentuk otot dalam. Untuk memiliki tubuh yang terbentuk dan terlihat fit perlu adanya kombinasi olahraga yang memfokuskan pada fat loss dan muscle gain. Dilansir oleh Healthline.com, jika kamu ingin otot di tubuh kamu terlihat kamu haru bisa sukses dalam menerapkan fat loss, setidaknya kamu mampu menghilangkannya sampai ke titik 10 sampai dengan 14. 

Hal ini karena olahraga pembentukan otot tidak mampu membuat tubuh terlihat lebih fit dan terbentuk. Malahan saat lemak yang ada di tubuh kamu banyak dan kadar otot di tubuh kamu tinggi, kamu akan terlihat gemuk. Maka dari itu, kamu harus memilih tipe olahraga yang benar khususnya saat kamu ingin membentuk tubuh. Disarankan untuk mencari olahraga jenis kardio, olahraga kardio akan membantu kamu menghilangkan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

Tidak perlu pusing mencari tipe olahraga yang tepat untuk membuat tubuh menjadi terlihat terbentuk dan fit. Berikut adalah 6 rekomendasi olahraga dari Stylecraze.com yang dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan meningkatkan otot.

 

 

Kardio Juga Kunci utama dalam Membentuk Otot dan Membakar Lemak

Jumping Jack

Olahraga ini akan menargetkan otot di daerah betis, paha depan, bokong, paha belakang, oblique, deltoids, dan otot di daerah. Menurut Clara Baini selaku D.P.T. dan guru pilates, ia menyatakan bahwa jumping jacks juga termasuk olahraga kardio. Olahraga ini juga akan membuat seluruh tubuh kamu bekerja. Disarankan untuk setidaknya melakukan Jumping Jacks 3 x 20 kali.

Cara melakukannya adalah dengan,

  1. Berdiri tegak dan letakan kaki berdekatan. luruskan tangan dan letakan di sisi samping.
  2. Kemudian lompat dengan gerakan buka dan tutup. Jarak kaki harus selebar bahu. Saat melompat tangan harus buka dan tutup di atas kepala.
  3. Disarankan untuk melakukan gerakan itu setidaknya 3 x 20 set.

Jumping Squat

Olahraga ini akan menargetkan otot di bagian glute (bokong), paha  belakang dan depan, betis, serta punggung bagian bawah. Olahraga ini juga termasuk dalam olahraga kardio jika dilakukan secara berulang.

Cara melakukannya adalah dengan:

  1. Berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu.
  2. Dada diarahkan sedikit lebih kedepan dan bagian bokong lebih dimonyongkan ke belakang, tekuk lutut, kemudian turunkan tubuh agar menyerupai posisi duduk,
  3. Kamu bisa meletakkan tangan ke depan atau menyilangkannya di dada, 
  4. Turunkan badan kamu kebawah dan kemudian lompat sesuai dengan kemampuanmu,
  5. Lakukan gerakan tersebut setidaknya 3 x 12 set.

Lari

Lari akan menargetkan seluruh otot di bagian tubuhmu dan juga akan membantumu membakar lemak yang ada di tubuhmu, olahraga ini bisa dikatakan olahraga yang tepat jika kamu ingin membangun otot sambil menghilangkan lemak.

Cara melakukan olahraga ini sama dengan lari pada umumnya. Namun, lebih disarankan untuk tidak lari seperti kamu sedang lomba lari, jangan lari terlalu cepat karena bisa saja tubuhmu akan merasa shock dan kemudian kamu akan merasa lebih mudah lelah. Mulailah secara perlahan. Jika kamu merasa kamu bisa lari dengan cepat, lakukanlah dan jangan ragu-ragu. Jika kamu mampu larilah dengan interval 1 sampai 2 menit dan istirahat selama 1 menit. Disarankan untuk lari sekitar 30 menit sampai 1 jam 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

 

 

Senam Lantai Bukah Hanya untuk Kardio

Elbow Plank

Olahraga ini akan menargetkan otot bagian perut, bahu, dan juga biceps. Lakukan ini secara berulang, bukan hanya dapat menambah otot tetapi juga membakar lemak.

cara melakukannya adalah dengan:

  1. Pertama kamu memerlukan matras khusus olahraga.
  2. Setelah itu baringlah diatas matras, dengan telungkup, posisi seperti push up,
  3. Angkat badan kamu dengan cara meletakan lengan ke lantai,D
  4. iam dengan posisi ini dan tahan selama 30 sampai 60 detik.
  5. Lakukan 3 set.

Leg Up Crunches

Olahraga ini akan menargetkan otot di bagian bawah dan atas tubuh terutama di daerah perut dan paha. Olahraga ini juga termasuk olahraga kardio jika dilakukan secara berulang kali.

Cara melakukannya adalah dengan:

  1. Pertama kamu memerlukan matras khusus olahraga.
  2. Setelah itu baringlah di atas matras, kemudian angkat kaki ke atas dan buatkah ilusi 90º.
  3. Letakan tanganmu di leher.
  4. Angkat lututmu dan dekatkan ke sikumu.
  5. Kemudian kembali ke posisi semula, lakukan sebanyak 15 kali selama 3 repetisi.

Rope Jumps

Olahraga ini akan menargetkan seluruh bagian tubuh, terutama di pergelangan tangan, dan kaki. Olahraga ini juga akan membantu membakar lemak yang ada di tubuhmu, karena lompat tali juga termasuk dalam olahraga kardio.

Cara melakukan olahraga ini juga sama seperti olahraga lompat tali pada umumnya. Hal yang terpenting adalah kalau kamu memiliki tali khusus lompat tali. Letakan tali dibelakang tubuhmu dan ayunkan ke depan dan lakukan secara berulang gerakan tersebut. Disarankan untuk melakukannya sebanyak 50 kali dan 3 kali repetisi.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading