Beda Dokter vs. Bidan

Fimela diperbarui 26 Agu 2013, 21:27 WIB

Dalam menjalani proses kelahiran, biasanya masyarakat memiliki prioritas yang berbeda saat memilih bidan atau dokter. Padahal, menurut kidspot.com.au, baik dokter maupun bidan, yang terpenting adalah Ladies merasa nyaman dan fokus pada proses kelahiran Anda.

Sebenarnya perbedaan mendasar antara dokter kandungan (obstetrician) dengan bidan adalah bidan cenderung dilatih untuk menangani kasus kelahiran normal, dan beresiko kecil mengalami gangguan kelahiran. Sementara dokter dilatih untuk sanggup mengatasi kasus kehamilan yang bermasalah.

Bidan biasanya beranggapan bahwa setiap ibu hamil akan memberitahukan keluhannya jika ada, jika tidak, maka kehamilan dianggap normal. Bidan juga biasanya tidak beranggapan bahwa melahirkan harus selalu di rumah sakit, namun tetap memberikan pilihan pada si ibu untuk menentukan di RS atau klinik.

Bidan biasanya lebih dekat dengan pasien secara emosional sebab bidan biasanya memberikan nasehat serta melakukan pemeriksaan serta pendekatan psikologis pada pasien. Sementara dokter lebih memiliki pendekatan secara media sebab dokter cenderung memeriksa keadaan ibu hamil lebih dalam.

Bidan juga dianggap lebih ramah dan perhatian, sementara dokter terkesan lebih dingin. Padahal, waktu kerja atau jam terbang si dokter itu biasanya lebih padat sehingga dokter hanya akan memeriksa dan menyampaikan hal yang penting pada satu pasien lalu berganti pada pasien yang lain. Dokter juga telah terbiasa menghadapi banyak kasus kelahiran sehingga tidak banyak merespon kekhawatiran tanpa sebab dari seorang ibu hamil dan menganggapnya biasa.

Itulah beberapa perbedaan mengenai dokter dan bidan. Semoga Ladies lebih mudah menentukan pilihan setelah membaca info di atas.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)
What's On Fimela