10 Phobia Yang Paling Banyak Dialami

Fimela diperbarui 10 Sep 2013, 12:39 WIB

Phobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap obyek tertentu. Ada berbagai jenis phobia yang mungkin dimiliki oleh manusia, namun huffingtonpost.com melansir 10 jenis phobia yang paling sering dimiliki, menurut psikiater Jordan Smoller dalam bukunya ‘The Other Side of Normal’.

10.Phobia keramaian (crowd phobia). Penderita akan mengalami ketakutan saat berada dalam keramaian.

9. Phobia badai, petir, dan kilat. Wajar apabila kita takut pada ketiga gejala alam tersebut, namun penderita phobia akan merasakan ketakutan yang berlebihan, tidak biasa, dan melumpuhkan.

8. Phobia air. Penderita phobia ini akan memiliki masalah ketika harus mandi atau minum. Ketakutan pada air ini umumnya juga dikarenakan ketakutan penderita untuk tenggelam.

7. Phobia darah. Bagi penderita phobia yang lain, efek yang ditimbulkan ketika menghadapi objek phobianya akan membuat jantung terpacu dan tekanan darah naik. Namun, pada phobia darah, detak jantung akan melambat dan tekanan darah menurun, yang membuat penderita pingsan.

6. Phobia terbang. Penderita akan mengalami ketakutan luar biasa ketika menaiki pesawat dan berada diatas udara.

5. Claustrophobia. Penderita phobia ini takut untuk berada ditempat sempit dan tertutup, seperti dalam lift.

4. Agoraphobia. Agoraphobia adalah ketakutan berada di tempat terbuka, tempat umum, atau bepergian.

3. Phobia ketinggian. Penderita akan menjadi panik dan pusing saat berada ditempat tinggi, seperti gedung tinggi, tangga, dan tempat tinggi lainnya.

2. Phobia hewan. Lebih sering menyerang anak-anak umur 2-4 tahun, namun juga bisa menyerang orang dewasa yang memiliki pengalaman buruk dengan hewan.

1. Phobia pada orang. Penderita akan mengalami kepanikan luar biasa saat harus menghadapi atau berbicara di depan banyak orang.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)