Menghadapi Si Kecil yang Susah Mandi

Fimela diperbarui 26 Jun 2015, 10:34 WIB

Bayi yang tidak mau mandi atau rewel saat dimandikan tentu sering dialami oleh Bunda sekalian. Tak jarang Bunda pun merasa kesal dan pusing menghadapi bayi yang menangis atau berteriak saat akan dimandikan. Well, Bunda tidak sendirian dalam hal ini karena ternyata banyak orang tua di luar sana yang juga menghadapi masalah yang sama.

Padahal saat memandikan si kecil bisa digunakan sebagai waktu yang menyenangkan sekaligus untuk mendekatkan Bunda dan buah hati Anda. Lalu, bagaimana untuk menghadapi si kecil yang susah mandi? Tidak perlu khawatir, Bun, karena berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi bayi yang susah mandi yang dilangsir dari situs babycenter.com.

Mandikan bayi saat ia sudah kenyang
Salah satu faktor yang dapat membuat bayi rewel saat dimandikan adalah ia merasa lapar dan mengantuk. Maka dari itu, pastikan buah hati Anda sudah dalam keadaan kenyang dan cukup istirahat sehingga ia tidak rewel saat dimandikan. Bunda bisa memandikan si kecil sesudah makan atau memberinya biskuit agar ia tidak merasa lapar.

Cobalah menggunakan bantal mandi
Si kecil sudah kenyang dan cukup tidur, tapi tetap saja masih rewel saat dimandikan. Bunda bisa mencoba sesuatu yang menyenangkan agar ia tertarik untuk mandi, seperti menggunakan bantal mandi. Bantal mandi dapat membuat bayi merasa nyaman dan hangat sekaligus merasa senang karena ia bisa bermain-main dengan bantal mandi tersebut.

Masukkan air ke dalam bak mandi secara bertahap
Melihat air di dalam bak mandi bisa jadi membuat bayi merasa takut sehingga ia enggan untuk dimandikan. Maka dari itu, Bunda bisa mencoba untuk memasukkan air secara bertahap ke dalam bak mandi supaya si kecil tidak merasa kaget dan takut untuk masuk ke dalam bak mandi. Letakkan bayi di dalam bak mandi, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalamnya.

Lupakan bak mandi untuk sementara
Jika cara sebelumnya tidak ampuh untuk membuat buah hati Anda tidak rewel saat mandi, Bunda bisa melupakan bak mandi untuk sementara waktu. Mandikan bayi di pangkuan dengan menggunakan handuk yang telah diberi air. Bersihkan tubuhnya dengan sabun mandi, lalu seka dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.

Ajak si kecil bernyanyi dan berbicara
Cobalah untuk mengalihkan perhatian bayi Anda dengan mengajaknya untuk bernyanyi dan berbicara sehingga ia tidak fokus pada saat-saat mandi. Bunda bisa menyanyikan lagu favoritnya atau menceritakan apa saja yang sedang dilakukan saat itu. Dengan demikian, lama-lama buah hati Anda akan merasa nyaman dan terbiasa untuk mandi.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)