Kenali 5 Jenis Vitamin C yang Terkandung dalam Skincare

Ayu Puji Lestari diperbarui 22 Mar 2022, 19:29 WIB

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesahatan kulit sangat penting, maka nutrisinya pun perlu terjaga. Salah satu vitamin penting untuk kulit adalah Vitamin C. Untuk itulah Vitamin C dapat dengan mudah ditemukan dalam beragam produk skincare, seperti serum, masker, maupun pelembap. Karena  kemampuannya dalam merawat kulit tidak perlu diragukan lagi.

Tahukah kamu jika ternyata vitamin C memiliki banyak jenisnya? Nah, agar tidak salah pilih, sebaiknya pahami jenis-jenis vitamin C yang biasa terkandung dalam skincare.Tentu saja agar pemakaian skincaremu berhasil dengan maksimal.

Magnesium Ascorbyl Phosphate

Magnesium Ascorbyl Phosphate memiliki bentuk yang lebih stabil dibanding jenis-jenis lainnya, sehingga dapat menurunkan risiko kulit mengalami iritasi. Tak heran jenis vitamin C ini cocok buat kamu yang memiliki kulit sensitif. Magnesium Ascorbyl Phosphate bersifat water-soluble atau dapat larut dalam air.

 

2 dari 5 halaman

Ascorbyl Palmitate

Ilustrasi/copyright shutterstock

Vitamin C jenis Ascorbyl Palmitate merupakan vitamin C yang tergolong stabil dan dapat larut dalam minyak. Selain melawan radikal bebas, jenis berfungsi untuk melindungi kulit dari tkamu-tkamu penuaan sekaligus memperbaiki jaringan kulit.

3 dari 5 halaman

L-Ascorbic Acid (LAA)

ilustrasi kulit/Kitthanes/shutterstock

Salah satu jenis vitamin C yang kurang stabil, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi jika digunakan pada dosis yang tinggi. LAA c cocok di kulit normal atau berminyak, serta berfungsi untuk memperkuat jaringan kulit, menyembuhkan luka, sekaligus melindungi kulit dari berbagai penyakit.

4 dari 5 halaman

Ascorbyl Glucosamine

ilustrasi Tips memilih kandungan moisturizer untuk kulit yang berminyak/Pixel-Shot/shuttershock

Ascorbyl Glucosamine ampuh untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Jadi jika kamu memiliki masalah tersebut, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan Ascorbyl Glucosamine, ya! Vitamin C ini kaya akan kandungan anti-oksidan dan skin-brightening properties. Jadi kulitmu pun cerah dengan pemakaian yang tepat.

5 dari 5 halaman

Sodium Ascorbyl Phosphate

Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Sodium Ascorbyl Phosphate tergolong lembut bagi kulit. Kandungan ini mampu mencerahkan wajah dan melawan radikal bebas secara efektif berkat kandungan anti-oksidan di dalamnya. Vitamin C jenis ini efektif untuk membuat kulit menjadi rata. Selain digunakan sendiri, Sodium Ascorbyl Phosphate dapat menjadi pelengkap yang baik untuk produk anti-acne prone dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid. Yang efektif mengatasi jerawat yang membandel.

Nah, demikian 5 jenis vitamin C yang biasa terkandung dalam skincare. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan membantu kulitmu sehat dan glowing.