Sukses

Beauty

Selain Vitamin C, Ini Kandungan Skincare Terbaik untuk Mencerahkan Wajah

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa untuk mencerahkan wajah, ada beberapa kandungan skincare, selain vitamin C? Alasan mengapa vitamin C paling dikenal sebagai agen pencerah wajah adalah karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Vitamin C memerangi kerusakan oksidatif dari radikal bebas yang menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi, selain kanker kulit. Pada dosis tinggi, bisa meningkatkan aktivitas tirosinase, yang memecah melanin dan menghambat produksi melanin yang berlebihan.

Ini berarti membantu menjaga perubahan warna, seperti bintik hitam terbentuk di permukaan kulit. Namun, selain vitamin C, ada banyak kandungan skincare yang bisa membantu mencerahkan wajah, seperti dilansir dari popsugar.com.

1. Azelaic Acid

Azelaic acid adalah agen pencerah yang berasal dari tumbuhan yang hanya bekerja pada melanin berlebih, yang berarti kamu tidak perlu khawatir akan mencerahkan kulit normalmu. Dengan kata lain, azelaic acid hanya akan mengatasi area bermasalah pada kulit seperti hiperpigmentasi.

2. Kojic Acid

Kojic acid adalah kandungan skincare yang berasal dari jamur atau beras fermentasi yang bisa menghambat pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin. Ekstrak botani, seperti sophora dan emblica juga telah terbukti secara klinis bisa mencegah transfer melanin dari melanosit ke keratinosit dan oleh karena itu, sangat meningkatkan efek pencerah dari bahan-bahan lain.

 

 

3. Niacinamide

Niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3 yang memiliki berbagai manfaat perawatan kulit, selain efektif mencerahkan warna kulit. Kandungan skincare ini memiliki banyak manfaat perlindungan kulit dan pelembap yang bisa membantu memperbaiki tampilan pori-pori yang membesar, warna kulit tidak merata, hiperpigmentasi, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kusam. Niacinamide menjadi tambahan yang bagus juga untuk rutinitas perawatan kulit anti penuaan, terutama jika kamu ingin menenangkan peradangan dan mendukung produksi kolagen.

4. Hydroquinone

Hydroquinone adalah agen pencerah lain yang bisa mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Kandungan skincare ini bisa mengurangi pembentukan melanin di kulit yang bertanggung jawab atas pigmen kulit.

Produk berbasis hydroquinone biasanya digunakan untuk mencerahkan area kulit yang gelap, seperti bintik-bintik, penuaan, dan melasma. Namun ada beberapa risiko yang harus diwaspadai.

Karena menghambat semua produksi pigmen, kandungan ini bisa menyebabkan kecerahan yang tidak diinginkan pada kulit normal. Keamanan hydroquinone telah lama diperdebatkan oleh FDA.

5. Tranexamic Acid

Untuk perubahan warna kulit, seperti melasma, hiperpigmentasi, dan jaringan parut jerawat, tranexamic acid adalah kandungan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulitmu. Sifat pencerah kulit tranexamic acid ditemukan secara tidak sengaja saat kandungan ini digunakan untuk mengobati kondisi medis lain.

Umumnya tranexamic acid aman untuk semua jenis kulit. Idealnya, kandungan ini diaplikasikan dua kali sehari, tapi beberapa ahli menyarankan untuk memulai dengan satu aplikasi per hari untuk melihat bagaimana reaksi kulit.

6. Licorice Root

Ekstrak akar licorice mengandung antioksidan glabridin dan licochalcone A yang keduanya memiliki sifat anti penuaan dan menenangkan kulit, yang kuat. Kandungan ini bisa membantu kamu yang memiliki kulit yang rusak akibat sinar matahari atau merah dan teriritasi. Kandungan ini membantu mencerahkan kulit dengan menghalangi enzim yang bertanggung jawab memicu penggelapan kulit dari radiasi UV.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Kecantikan Kulit Wajah dengan Kandungan Deep Sea Water
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Perawatan Kulit Anti Penuaan Sederhana dan Mudah Diterapkan Sehari-hari