3 Body Scrub untuk Mencerahkan Kulit yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Fimela Reporter diperbarui 21 Mar 2022, 22:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Terlalu fokus melakukan perawatan pada wajah, seringkali membuat kita lupa untuk melakukan treatment pada kulit bagian tubuh. Selain debu dan kotoran yang menempel pada kulit, kulit mati juga perlu diangkat dari lapisan kulit kita, jika tidak, akan membuat kulit kita terasa kasar dan terlihat kusam

Untuk mengurusnya, eksfoliasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kulit terlihat cerah dan sehat. Body Scrub adalah cara yang populer untuk mengeksfoliasi kulit, dan ada banyak jenis scrub yang dapat dibeli di toko untuk dipilih.

Namun terdapat cara mudah yang dapat dilakukan tiap orang di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari atau bahkan sudah tersedia di dapur. Berikut 3 Body Scrub yang bisa menjadi pilihan, yang dirangkum Fimela dari berbagai sumber;

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

1. Scrub kopi

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari beautycrafter, manfaat scrub kopi sangat banyak dan terutama berasal dari dua sumber: eksfoliasi scrub dengan bubuk kopi dan sifat antiinflamasi yang bermanfaat dari senyawa yang ditemukan dalam biji kopi.

Bubuk kopi yang lembap sangat cocok untuk mengelupas lapisan luar sel kulit mati dan membuat kulit segar bercahaya. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi selulit dan stretch mark pada kulit.

Untuk membuatnya, hanya perlu mencampurkan bubuk kopi, minyak kelapa, dan garam laut atau gula (pilih salah satu) kemudian ratakan pada seluruh kulit yang ingin diangkat bagian sel kulit matinya, diamkan selama 10 menit kemudian bilas. 

2. Scrub lemon

Melansir dari freshexchange.com, perasan air lemon serta parutan dari kulitnya sangat bagus dan menyegarkan bagi kulit. 

Selain itu, lemon juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Dengan bahan tambahan gula dan minyak kelapa, akan memberikan hasil yang maksimal pada kulit. Gula yang memiliki fungsi sebagai eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati, dan minyak kelapa akan menyegel kulit,menghilangkan bakteri yang menyebabkan pori-pori lebih besar, dan melembabkan.

Untuk membuatnya, campurkan ketiga bahan tersebut kemudian ratakan pada kulit yang ingin diangkat bagian sel kulit matinya, diamkan selama 10 menit kemudian bilas. Scrub ini bisa digunakan pada tubuh dan wajah.

3 dari 3 halaman

3. Scrub teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau Credit: pexels.com/Charrlote

Kaya akan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, teh hijau dapat bermanfaat bagi kulit. Melansir dari healthline.com, menurut studi yang pernah dilakukan, kosmetik yang mengandung teh hijau mungkin dapat mengurangi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama dengan bahan-bahan bergizi lainnya.

Bisa digabungkan dengan gula merah bubuk sebagai eksfoliator, dan minyak kelapa sebagai pelembap pada scrub ini. Untuk menggunakannya, hanya perlu menggabungkan bahan-bahan tersebut kemudian ratakan pada tubuh dan bilas setelah 10 menit.

Dalam menggunakan scrub, perlu juga memperhatikan kesensitifan kulit. Jika memiliki kulit yang sensitif, jangan gunakan scrub yang terlalu kasar. 

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women