4 Langkah Mudah Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Lewat Google Maps

Anisha Saktian Putri diperbarui 22 Feb 2022, 15:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Vaksinasi menjadi salah satu cara mencegah penularan Covid-19 secara meluas. Pemerintah pun terus menerus melakukan upaya import vaksin Covid-19 yang dipergunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia guna mengejar angka Herd Immunity yaitu di angka 70%.

Bahkan, kini vaksin pun sudah tersedia untuk anak-anak hingga vaksin ke-tiga atau booster. Saat ini masyarakat pun semakin dipermudah dengan mencari lokasi vaksin Covid-19 hingga melakukan pendaftaran yang bisa dilakukan secara daring.

Untuk itu, jika belum melakukan vaksin atau ingin booster berikut cara cek lokasi vaksinasi lewat google Maps.

Jika berada di wilayah Jakarta bisa memanfaatkan aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi untuk mencari lokasi dan mendaftarkan diri untuk vaksinasi Covid-19.

Namun, jika di luar Jakarta bisa mencari informasi melalui Google Maps, dengan cara berikut, melansir liputan6.com.

1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel atau via desktop di situs https://www.google.com/maps.

2. Ketik di kolom pencarian atau search "vaksin Covid-19" atau "vaksin covid."

3. Setelah search, akan mendapatkan beberapa opsi lokasi vaksinasi, misalnya seperti puskesmas atau klinik lokasi vaksin Covid-19 terdekat.

4. Pastikan kuota dan ketersediaan vaksin Covid-19 di lokasi yang ingin dituju, serta cek juga apakah dirimu telah memenuhi persyaratan untuk bisa mendapatkan vaksinasi.

Untuk booster

Sementara bagi masyarakat yang ingin mencari vaksin booster, pastikan lokasi yang dituju memungkinkanmu mendapatkan dosis penguat, serta cek ketersediaan dan jenis vaksinnya.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah sudah mendapatkan tiket untuk vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi, bila lokasi yang dituju membutuhkannya.

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Manfaat Vaksin

ilustrasi vaksin/ BaLL LunLa/Shutterstock

Melansir situ Kemenkes, berikut ini beberapa manfaat dari vaksin covid-19.

Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

Mengurangi Risiko Penularan

Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

Mengurangi Dampak Berat dari Virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

 Mencapai Herd Immunity

Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19

Dengan adanya informasi diatas, diharapkan masyarakat akan mendapatkan kesadaran bersama tentang penting nya melakukan vaksinasi di tengah pandemi yang melanda saat ini.

#women for women