5 Cara Bijak Menghadapi Orang yang Selalu Pesimis dalam Hidupnya

Endah Wijayanti diperbarui 15 Mei 2022, 13:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Menghabiskan waktu dengan orang yang pesimistis bisa membuat suasana hati kita ikut memburuk. Bahkan membuat kita merasa tak nyaman. Kalau kita tidak cukup bijak menghadapinya, kita bisa ikut menjadi orang yang pesimis juga.

Lalu, bagaimana cara menghadapi orang yang selalu pesimistis? Apa yang bisa kita lakukan agar setidaknya kita bisa memberi secercah harapan padanya untuk bisa lebih optimis dalam hidupnya? Lima cara berikut ini mungkin bisa dicoba.

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Hadirkan Harapan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, seseorang optimistis bisa melihat cahaya meskipun mungkin sama sekali tidak ada cahaya, tetapi orang pesimistis selalu berusaha untuk memadamkan cahaya. Orang pesimistis punya kecenderungan memadamkan harapan, padahal sebenarnya dia tahu harapan itu masih ada. Sehingga ketika berhadapan dengan orang pesimistis, kita bisa berupaya untuk senantiasa menghadirkan harapan di setiap keadaan yang sedang dihadapi.

3 dari 6 halaman

2. Pahami Sudut Pandangnya

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mungkin kita tak sepakat dengan opini atau pendapatnya terhadap sesuatu yang terlalu negatif. Semakin kita mendebatnya, semakin keras kepala ia mempertahankan argumennya. Kalau seperti ini, kita bisa cukup memahami saja sudut pandangnya. Tak harus membantah atau berusah mengoreksinya, cukup dengarkan saja.

 

4 dari 6 halaman

3. Utarakan Sudut Pandang Pribadi

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Dia punya sudut pandang sendiri, kita pun pasti punya sudut pandang kita sendiri. Saat dia terlalu negatif memandang sesuatu, kita bisa coba untuk mengutarakan keadaan yang sama dari sudut pandang yang lebih positif. Setidaknya di sini ada sudut pandang berbeda yang bisa ia dapat, dan mungkin bisa jadi bahan refleksi dirinya.

5 dari 6 halaman

4. Ajukan Pertanyaan-Pertanyaan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Seseorang yang pesimistis biasanya gampang sumpek. Di sini kita bisa mencoba untuk bantu menguraikan rasa sumpeknya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Bantu ia mengurai semua isi kepala dan pandangan-pandangan yang ia pegang terlalu erat. Setidaknya, nanti dia bisa melakukan koreksi diri jika ada hal yang sebenarnya salah.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Hadirkan Motivasi

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kita bisa memotivasinya. Menguatkannya untuk menjalani hidup dengan cara yang lebih baik. Mungkin di balik sikap pesimisnya, ada luka atau trauma yang masih sulit untuk disembuhkan. Sehingga kita tak bisa langsung menyudutkannya begitu saja. Jadi, mendampingi dan menghadirkan motivasi bisa jadi cara bijak untuk membuatnya lebih bersemangat jalani hidup.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, cara apa yang paling efektif dan tepat dalam menghadapi orang yang selalu pesimistis dalam hidupnya? Boleh juga berbagi pengalaman atau pendapat lain di sini.

#WomenforWomen