Sukses

Lifestyle

Berdamai dengan Kesendirian, 5 Cara Jadi Perempuan Mandiri Bebas Insecure

Fimela.com, Jakarta Status menikah atau belum menikah tak bisa jadi satu-satunya patokan untuk mengukur kebahagiaan seseorang. Bagi yang sedang melajang atau belum menikah, tak perlu merasa insecure. Meski sudah banyak yang mendesakmu untuk menikah atau menekanmu untuk segera melepas status lajang, tapi kalau kamu sendiri masih bahagia dengan hidup saat ini maka jalani saja yang ada lebih dulu.

Berdamai dengan kesendirian, tak perlu takut hadapi kesepian. Kita bisa menjadi perempuan mandiri yang bebas rasa insecure. Justru mumpung masih single, kita bisa melakukan banyak hal sesuai dengan keinginan dan prioritas yang lebih penting saat ini. 

1. Pilih Aktivitas Menyenangkan

Pilih satu kegiatan atau aktivitas yang bisa membuatmu nyaman. Apa pun kegiatan yang kamu pilih, usahakan itu bisa membuatmu merasa lebih baik. Kalau memang sedang butuh liburan, coba ambil waktu untuk benar-benar rehat. Kesendirian  bukan untuk diratapi. Justru manfaatkan peluang dan kesempatan waktu yang masih ada untuk melakukan hal-hal yang disukai.

2. Pahami Pemicu Kesedihan

Sebagai contoh, kamu malah merasa makin sedih atau kesepian setiap kali membuka media sosial. Sebab tiap kali membuka media sosial, kamu merasa hidup orang lain jauh lebih baik darimu dan kamu merasa rendah diri hingga kesepian. Kalau media sosial menjadi pemicu kesepian dan kesedihanmu, cobal ambil jeda dan berjaraklah dari media sosial untuk sementara waktu. Lalu, sibukkan diri dengan hal yang lain lebih dulu.

3. Terima Diri Seutuhnya

Teman terbaik itu adalah diri sendiri dia adalah orang yang paling mengenal kita, orang yang paling memahami kita, dan seseorang yang akan terus ada menemani kita saat orang-orang pergi meninggalkan kita. Ia adalah diri kita sendiri. Kesendirian bukanlah kondisi yang menyedihkan. Justru dengan kesendirian ini, kita punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang kita suka. 

4. Maksimalkan Hal-Hal yang Masih dalam Kendali Diri

Kadang kita merasa kesepian dan sedih dalam kesendirian karena terlalu fokus pada hal-hal yang ada di luar kendali diri. Misal, kita merasa kesepian karena belum punya pasangan sehingga terus menerus sedih setiap kali melihat orang lain sudah berpasangan. Saat kita belum bisa menemukan pasangan yang tepat, ya sudah terima saja realitas yang ada. Lalu, fokuslah pada hal lain yang bisa kamu kontrol, seperti mencurahkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan prioritas yang lebih penting.

5. Maafkan dan Berhenti Menyalahkan

Tak perlu menyalahkan apa pun. Tak usah menyalahkan keadaan. Tak perlu juga menyalahkan diri sendiri. Hidup sudah terlalu berat untuk dijalani, jadi jangan makin membebani diri dengan menolak rasa yang sebenarnya adalah bagian dari dirimu. Kamu masih punya kemampuan untuk menepuk-nepuk bahumu sendiri dan berterima kasih pada dirimu sendiri sudah bertahan hingga saat ini.

Berdamai dengan kesendirian, hadirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri. Serta jadikan hidupmu lebih berharga dan bermakna dengan menghadirkan manfaat bagi sekitar.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading