Sempat Meluap ke Jalan, Debit Air Terjun Lembah Anai Kembali Normal

Hilda Irach diperbarui 15 Jun 2022, 16:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Sebuah video yang memperlihatkan air terjun Lembah Anai meluap hingga menutupi badan jalan pada Senin, (13/6/2022) viral di media sosial.

Dari video yang diunggah akun Instagram @infosumbar, terlihat debit air terjun Lembah Anai cukup besar. Beberapa pengendara bahkan tidak berani melintas karena tingginya air yang meluap ke jalan.

Besarnya debit air menyebabkan jalur penghubung Padang-Bukittinggi dan sekitarnya tidak bisa dilalui. Petugas setempat juga sempat menutup total arus lalu lintas selama 30 menit.

Diketahui, penyebab meluapnya air terjun Lembah Anai yang terletak di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat itu dikarenakan curah hujan tinggi yang melanda wilayah tersebut.

 
What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Kembali Normal

Air terjun Lembah Anai yang sempat meluap hingga menutupi badan jalan kembali normal. Ternyata ini penyebabnya. (Instagram/infosumbar).

Namun, pada Selasa (14/6/2022) siang, debit air terjun Lembah Anai sudah kembali normal. Salah seorang warga yang melintas di jalan tersebut bernama Yudha (24) juga mengungkapkan hari ini air terjun sudah kembali normal seperti biasa.

“Jalanan juga lancar tidak ada kemacetan,” ungkap Yudha, seperti yang dikutip Fimela dari Liputan6.com.

Kasat Lantas Polres Padangpanjang, Iptu Aldy Lazzuardi mengatakan jalan kembali normal dan bisa dilewati karena intensitas hujan juga berkurang pada Selasa. Meski demikian, ia mengimbau pengendara yang melintas agar tetap hati-hati mengingat cuaca yang kurang bersahabat beberapa waktu.

#Women for Women