7 Cara untuk Mencegah Batuk dan Flu secara Alami

Ayu Puji Lestari diperbarui 19 Jul 2022, 10:48 WIB

Fimela.com, Jakarta Perubahan cuaca dan kualitas udara yang semakin memburuk seringkali menjadi penyebab badan meriang. Bahkan batuk dan flu sering dikeluhkan akhir-akhir ini. Seperti yang dikutip dari liputan6.com (19/07), kualitas udara di Jakarta  terpantau memiliki kualitas udara terburuk di dunia selama 3 hari berturut-turut. Tepatnya pada Senin 20 Juni, Selasa 21 Juni, dan Rabu 22 Juni 2022.

Tentu saja kondisi ini bisa menjadi pemicu utama penyebab batuk dan flu. Kamu tidak perlu panik, Fimela memiliki tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegag flu dan batuk. Apa saja? Yuk, cek penjelasannya di abwah ini.

2 dari 4 halaman

Rutin Minum Air Hangat

Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

Setiap pagi pastikan kamu minum air hangat. Baik air putih murni, atau bisa juga dicampur dengan, madu, jahe, atau lemon. Cara ini efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dan jangan lupa minum air putih 8 gelas sehari.

Gunakan Masker

Saat berada di luar ruangan atau ruang tertutup, pastikan selalu memakai masker. Tak hanya membantu mengurangi risiko terpapar virus berbahaya, memakai masker juga membantu memfilter udara yang kamu hirup.

3 dari 4 halaman

Makan Makanan Berkuah

makan sop bisa membuatmu lebih fit/vbertiany/Shutterstock

Cara ketiga rutin makan makanan berkuah. Sop dan aneka sayur lainnya bisa menjadi pilihan. Makanan berkuah efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah paparan flu dan batuk yang mengganggu.

Rutin Cuci Hidung

Saat mencuci hidung, maka partikel-partikel, debu, hingga kotoran yang berpotensi menjadi infeksi dapat dikeluarkan. Meskipun begitu, mencuci hidung tidak dianjurkan dilakukan terlalu sering. Gunakan cairan NaCl untuk mencuci hidung, setiap 2-3 kali sehari.

4 dari 4 halaman

Tidur yang Cukup

ilustrasi tidur/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Stop begadang. Usahakan untuk rutin tidur tepat waktu dan selama 7-8 jam seharinya. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh tetap fit dan sehat.

Makan Buah dan Sayur yang Mengandung Air

Pilih buah dan sayur yang tinggi kandungan airnya. Cara ini bisa membantumu untuk tetap terhidrasi sehingga terbabas dari masalah flu dan batuk.

Olahraga

Yang terakhir dan tidak kalah penting, jangan lupa untuk rutin olahraga. Jalan kaki bisa menjadi pilihan buat kamu yang malas untuk olahraga. Rutin bergerak dapat membuat tubuh lebih fit dan bebas masalah flu.

Sahabat Fimela, demikain 7 cara untuk mengurangi risiko flu dan batuk. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.