Sejauh Rumah Kita, Kolaborasi Sejauh Mata Memandang dengan Komunitas di Yogyakarta

Fimela Reporter diperbarui 12 Agu 2022, 09:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Sejauh Mata Memandang gandeng komunitas di Yogyakarta dalam menghadirkan “Sejauh Rumah Kita” sebagai wadah untuk berbagi ilmu dan tips dalam merawat bumi. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Sabtu dengan menjalani slow living, melalui kegiatan belajar bersama dengan dua sesi, pagi dan sore.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Ngobrol santai bersama pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto

Kegiatan bincang santai yang dilakukan bersama Chitra Subyakto membahas upcycle dan recycle.

Dalam bincang santai yang dilakukan bersama Chitra Subyakto terbagi dalam dua sesi yaitu pagi dan sore. Kegiatan belajar bersama yang dilakukan pada Sabtu, 16 Juli 2022 ini membahas mengenai upcycle dan recycle dengan dihadiri total 30 peserta. 

“Banyak cara untuk memanfaatkan pakaian bekas agar tidak berakhir menjadi sampah. Saya sendiri biasanya memanfaatkan kembali pakaian yang tidak terpakai menjadi kantong belanja, sarung bantal, atau mainan untuk binatang peliharan saya. Jika ada pakaian yang berlubang atau sobek namun masih layak pakai, saya biasanya menjahitnya kembali atau ditambal dengan kain perca untuk menambahkan aksen agar terlihat lebih menarik. Intinya, penting untuk kita selalu berusaha menjaga masa pakai dan daya guna pakaian kita agar lebih panjang dan tetap berputar”, ungkap pendiri dan direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto.

Dalam kesempatan tersebut, Chitra juga mengajak para peserta untuk mempraktikkan upaya mendaur ulang baju atau pakaian yang tidak terpakai, seperti membuat tas yang unik dari baju bekas.

3 dari 4 halaman

Menggambar dan mewarnai di Art Class Cikgu

Menggambar dan Mewarnai “Sejauh Rumah Gajah” untuk Anak bersama Cikgu Yustina (@justin_Ipuk) dari Art Class Cikgu

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional setiap  tanggal 23 Juli, Sejauh Mata Memandang juga menggandeng Cikgu Yustina untuk belajar menggambar dan mewarnai bersama peserta anak-anak, kegiatan ini dilakukan pada Sabtu 23 Juli 2022.

Kegiatan  Art Class Cikgu ini bertemakan “Sejauh Rumah Gajah”  yang terinspirasi dari Gajah Sumatera sebagai satwa yang terancam punah sehingga kelestarian habitatnya perlu dijaga. Cikgu Yustina juga mengungkapkan bahwa kita harus meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan mulai dari usia dini. 

Melalui kegiatan menggambar dan mewarnai ini Cikgu berharap dapat meningkatkan kesadaran anak-anak mengenai masalah lingkungan hidup. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki ilmu untuk menjaga kelestarian alam, sehingga dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi lebih sadar dan peduli untuk melestarikan alam. 

4 dari 4 halaman

Membuat sabun cuci ramah lingkungan bersama Akuna Indonesia

Kegiatan membuat sabun cuci pakaian yang ramah lingkungan bersama Akuna Indonesia pada kegiatan Belajar Bersama.

Tak hanya belajar bagaimana cara menjaga kelestarian alam  melalui menggambar dan mewarnai, Sejauh Mata Memandang juga menghadirkan Akuna Indonesia untuk membuat produk sabun cuci pakaian ramah lingkungan. 

Dalam kegiatan yang dilakukan bersama Akuna Indonesia, para peserta diajarkan proses pembuatan sabun seperti proses saponifikasi, mengenali bahan-bahan pembuatan sabun yang aman dan alami serta mampu menghilangkan noda pada pakaian, hingga pengaruh sabun terhadap warna kain dan juga kulit manusia.

“Kami sangat mengapresiasi Sejauh Mata Memandang yang menghadirkan ‘Sejauh Rumah Kita’ di Yogyakarta sebagai tempat untuk berbagi ilmu dan praktik mengenai slow living, mengadopsi hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Kami juga senang karena mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam membagikan ilmu tersebut melalui kegiatan Belajar Bersama ini dan mengenalkan produk kami sebagai produk lokal yang tak hanya ramah lingkungan, namun juga merupakan warisan tradisi leluhur,” kata Wulan Hardjosoediro, Pendiri Akuna Indonesia.

Sejauh Rumah Kita dibuka setiap hari untuk umum mulai tanggal 8 Juli hingga 4 September 2022, dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, berlokasi di Rumah Simbah Studio, NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261.

Sedangkan untuk di bulan Agustus, beberapa komunitas yang akan mengisi kegiatan di Sejauh Rumah Kita, antara lain Sekolah Pagesangan, Klub Masak Sirja, Vitarlenology, Tegel Kunci, Tactic Plastic dan lain-lain. Untuk pendaftaran kegiatan Belajar Bersama, bisa menghubungi narahubung Kiky di nomor telepon 0813-2549-8659, email kiky@sejauh.com, atau melalui akun Instagram resmi @sejauh_mata_memandang.

*Penulis: Angela Marici.