5 Rekomendasi Buku Bagus untuk Menata Hidup Lebih Baik Lagi

Endah Wijayanti diperbarui 15 Jan 2023, 09:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sudah menyusun resolusi baru untuk diwujudkan tahun ini? Atau sedang ingin menata hidup jadi lebih baik lagi? Apa pun hal baik yang ingin kamu raih di tahun yang baru ini, semoga semangatmu juga bisa senantiasa terjaga untuk hadirkan hidup yang lebih bermakna.

Kali ini, Fimela punya lima rekomendasi bagus yang bisa membantumu menata hidup sekaligus bantu wujudkan resolusimi tahun baru. Buku-buku ini bisa jadi referensimu untuk membangun kualitas hidup yang lebih baik lagi. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Burn after Writing

Burn After Writing./Copyright Endah

Buku yang satu ini punya konsep yang unik. Di buku ini, kita akan diminta untuk lebih jujur kepada diri sendiri. Buku ini membantu kita untuk lebih mengenal diri dengan lebih baik. Ada sejumlah pertanyaan serta daftar isian yang perlu kita jawab di halaman demi halamannya. Harapannya setelah buku ini sudah selesai kita penuhi dengan jawaban dan tulisan, kita bisa lebih mengenal diri sendiri. Saat sudah mengenal diri dengan lebih baik, kita bisa lebih mudah menata hidup dan menghadirkan keseharian yang lebih bermakna lagi.

3 dari 6 halaman

2. Hello, Habits

Buku Hello, Habits./Copyright Endah

Buku ini memuat banyak kiat yang bisa kita coba untuk membangun kebiasaan baik atau meninggalkan kebiasaan buruk. Disertai dengan cerita dan pengalaman penulis sendiri dalam mengatur kebiasaan hariannya, kita bisa dengan mudah mendapat gambaran jelas soal langkah demi langkah yang perlu diambil untuk menciptakan kebiasaan yang lebih baik. 

Hello, Habits sangat cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kualitas hidup dengan menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik. Selalu ada kesempatan untuk mencoba hal baru. Serta, tidak pernah ada kata terlambat untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baru dalam keseharian kita. 

4 dari 6 halaman

3. Atomic Habits

Buku Atomic Habits./Copyright Endah

Mengubah kebiasaan seringkali menjadi semacam pertempuran batin. Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik butuh proses. Bahkan seringkali dalam perjalanannya, kita selalu saja kesulitan dan gagal dalam membangun kebiasaan yang lebih baik. Melalui Atomic Habits, James Clear membagi berbagai informasi dan tips bermanfaat yang dapat digunakan untuk menciptakan kebiasaan baru yang lebih baik dalam hidup kita.

5 dari 6 halaman

4. Man's Search for Meaning

Man's Search for Meaning./Copyright Endah

Setiap orang punya cara sendiri untuk mencari dan menemukan makna dalam hidupnya. Dalam buku Man's Search for Meaning, Frankl menggunakan istilah "logoterapi" untuk menamai teorinya. Kata logos berasal dari bahasa Yunani yang berarti "makna." Dijelaskan bahwa logoterapi percaya bahwa perjuangan untuk menemukan makna dalam hidup seseorang merupakan motivator utama orang tersebut. Saat kita bisa menemukan makna dalam hidup, maka kita akan selalu punya alasan dan semangat untuk menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

6 dari 6 halaman

5. Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian

Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian./Copyright Endah

Buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian bisa menjadi salah satu buku yang sangat cocok dibaca bagi kita yang ingin menyikapi kesendirian dengan cara yang lebih bijak. Berisi kumpulan tulisan yang meliputi kontemplasi, refleksi diri, dan perenungan, buku ini menghadirkan berbagai sudut pandang baru tentang memaknai kesepian dan kesendirian. Kumpulan tulisan di buku ini lebih banyak berisi opini, dan tidak ada rujukan atau tambahan referensi untuk menunjang beberapa poin yang sebenarnya sangat penting.

Selamat membaca!