5 Sikap Sederhana yang Membantumu Makin Kuat Menjalani Hidup

Endah Wijayanti diperbarui 18 Mar 2023, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang terpuruk atau berada di titik terendah dalam hidup, rasanya kita ingin menyerah saja. Rasanya kita sudah putus asa dan tak punya harapan apa-apa lagi. Apalagi saat tak ada orang yang bisa kita percaya untuk membantu kita, maka kita pun perlu berusaha menata sikap kita untuk bisa lebih kuat lagi dalam menjalani hidup.

Berikut ini ada lima sikap sederhana yang bisa kamu miliki untuk membantumu untuk memiliki hati yang lebih kuat lagi. Saat kamu butuh memotivasi diri untuk lebih kuat lagi, sikap-sikap ini bisa menjadi strategi awal untuk bangkit kembali.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Lebih Jujur pada Diri Sendiri

ilustrasi perempuan sukses/Chokniti-Studio/Shutterstock

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Keengganan kita mengatakan apa yang kita rasakan lahir dari ketidakmampuan mengakui dan menerima apa yang kita rasakan. Selama kita sendiri masih menyangkal untuk merasakan apa yang kita rasakan, ditambah berharap ada orang lain yang merasakan apa yang kita rasakan tanpa kita mengatakannya, di saat itu pula kita harus siap dikecewakan realitas. Karena realitasnya, kita tidak bisa mengetahui apa yang orang lain pikirkan atau rasakan tanpa mereka berbicara." Ada baiknya kita bisa bersikap untuk lebih jujur terhadap diri sendiri atas hal-hal yang kita rasakan. Mengakui kelemahahan atau ketidakmampuan bukanlah hal yang memalukan, sebab itu bagian dari proses pendewasaan diri kita sendiri.

 

3 dari 6 halaman

2. Merelakan Hal-Hal yang Berada di Luar Kendali Diri

ilustrasi perempuan dewasa/JAVINORA/Shutterstock

 

Kadang yang membuat kita tak mampu melangkah ke depan adalah masih ada beban yang semestinya sudah direlakan atau dilepaskan. Tak perlu memaksakan diri menuntut segalanya serba sempurna. Cobalah untuk merelakan hal-hal yang memang sudah tak bisa kamu ubah atau perbaiki lagi. Bersikap rela dan ikhlas bisa membantumu lebih kuat melangkah ke depan.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Mengapresiasi Setiap Usaha yang Dilakukan

ilustrasi perempuan bekerja/PanuShot/Shutterstock

Apresiasi setiap usaha yang sudah kamu lakukan. Walaupun hasilnya mungkin belum sempurna atau tak sesuai keinginanmu, kamu tetap perlu menghargai semua usaha terbaik yang sudah kamu lakukan. Saat kamu sudah menghargai dirimu sendiri, maka kamu pun bisa lebih kuat dalam menjalani kehidupanmu dan memperjuangkan hal-hal yang memang bermakna dan penting untukmu.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

Tak harus menunggu validasi orang lain untuk bahagia. Tak perlu menunggu pujian atau perhatian orang lain untuk membuatmu bahagia. Kamu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Saat kamu memilih untuk mengupayakan kebahagaianmu sendiri, kamu bisa menjalani hidupmu dengan hati yang lebih kuat lagi.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Pikiran Baik

ilustrasi perempuan dewasa/chaponta/Shutterstock

Ambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan yang ada. Lihat sisi baik dari pengalaman yang tak menyenangkan. Nyalakan harapan baik ketika menghadapi situasi yang kurang nyaman untukmu. Menjaga pikiran baik bisa membuatmu lebih kuat menjalani hidup sebab kamu tak lagi membuang-buang waktu dan energimu untuk perkara yang sia-sia.

Semoga ke depannya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh lagi dalam menjalani hidup, ya. Terima kasih sudah melakukan semua upaya terbaik hingga sampai ke titik ini.