5 Sikap Cemburu yang Ternyata Tak Disukai Pria

Endah Wijayanti diperbarui 15 Apr 2023, 17:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Cemburu mungkin bisa menjadi tanda cinta. Hanya saja kalau sikap cemburunya berlebihan, iu hanya akan memicu konflik dalam hubungan yang ada. Sikapmu yang terlalu pencemburu bisa membuat pria merasa kurang nyaman.

Berikut ini ada lima sikap cemburu yang bisa membuat pria malah menjauhimu. Bahkan sikap cemburu ini bisa membuat hubungan yang tadinya hangat menjadi makin penuh rasa curiga. Kalau kamu ingin pasanganmu bisa tetap bersamamu, hindari sikap cemburu berlebihan ini.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Cemburu yang Disertai Tuduhan

ilustrasi menolak/Odua Images/Shutterstock

Pria bisa merasa tak nyaman ketika ia dituduh melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak dia lakukan. Kalau kamu memperlihatkan rasa cemburu yang disertai dengan tuduhan padanya, hatinya bisa terluka. Dia akan merasa tidak lagi dipercayai, dan ini bisa membuat harga dirinya terluka. Ada baiknya sebelum menuduhnya melakukan sesuatu, dengarkan dulu penjelasan dan klarifikasi dari dia langsung.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Cemburu yang Dipenuhi Rasa Curiga

ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Rasa curiga yang berlebihan bisa membuatmu tampak tak mempercayai pasanganmu. Padahal rasa saling percaya sangatlah penting untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng. Kalau sikapmu yang cemburu dipenuhi rasa curiga padanya, maka dia bisa makin tak nyaman berada di dekatmu.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Cemburu yang Disertai Amarah

Meredakan pertengkaran./Copyright shutterstock.com

Sikapmu yang langsung marah-marah juga bisa membuat pria tak nyaman. Rasa cemburu yang kamu rasakan mungkin terasa sangat intens sampai membuatmu lepas kendali. Namun, ada baiknya untuk tenangkan diri dulu dan mengatur napas lebih dulu sebelum marah-marah. Kalau emosi sedang meninggi, ambil jeda selama beberapa waktu dulu untuk tenang kembali.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Cemburu tanpa Alasan Jelas

Pasangan bertengkar/copyrightshutterstock/Pormezz

Cemburu yang berlebihan tanpa alasan jelas ini juga bisa membuat pria tak nyaman. Dia akan merasa seperti tak dihargai olehmu. Selain itu, sikap cemburu tanpa alasan jelas ini hanya akan membuat komunikasi jadi terasa makin memburuk. Kamu hanya akan makin memperburuk situasi jika kamu cenderung hanya memikirkan diri sendiri tanpa berusaha memahami perasaan pasanganmu.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Cemburu Sambil Mengungkit Masalah Lama

ilustrasi bertengkar/copyright by takayuki (Shutterstock)

Ini bisa memicu pertengkaran hebat. Saat sikapmu yang penuh rasa cemburu disertai dengan mengungkit masalah yang sebenarnya telah berlalu, kamu hanya akan melukai perasaan pasanganmu. Apalagi kalau masalah yang diungkit sebenarnya adalah masalah yang sudah usang, maka komunikasi bisa makin memburuk. Pasanganmu pun bisa merasa tidak lagi dipercaya olehmu.

Apa pun yang berlebihan memang pada dasarnya tidak baik, termasuk cemburu yang berlebihan. Semoga kamu dan pasanganmu bisa membangun komunikasi yang lebih baik dan sehat lagi ya ke depannya.