5 Tanda Pernikahan Jarak Jauh Bakal Langgeng dan Bahagia

Mimi Rohmitriasih diperbarui 02 Mei 2023, 13:57 WIB

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan pernikahan yang setiap hari bisa bersama, pernikahan jarak jauh di mana suami dan istri terpisah jarak serta waktu, akan memiliki lebih banyak tantangan dan rintangan. Pernikahan yang terpisah jarak, apalagi di waktu yang lama, ini meningkatkan risiko melemahnya rasa cinta. Ini juga mengurangi rasa sayang dan kepercayaan untuk satu sama lain. Bahkan, ini berisiko kedua pasangan tergoda untuk mencari pengganti satu sama lain. 

Meski pernikahan jarak jauh lebih rentan terhadap berbagai rintangan serta tantangan, pernikahan yang dilandasi dengan kesetiaan serta kepercayaan yang baik, ini akan menguatkan pernikahan. Ada beberapa tanda jika pernikahan jarak jauh justru berpotensi langgeng, bahagia dan penuh cinta selamanya. Tanda ini menunjukkan bahwa kedua pasangan menjaga hubungan dengan semaksimal mungkin.

2 dari 6 halaman

Saling Percaya

Ilustrasi Nikah Muda Credit: pexels.com/freestocks.org

Tanda pertama jika pernikahan jarak jauh bahagia dan penuh cinta adalah saling percaya. Kepercayaan menjadi poin penting agar pernikahan tetap berjalan. Rasa percaya untuk satu sama lain, akan meningkatkan jalinan asmara serta cinta di hati keduanya. Melalui kepercayaan, kedua pasangan akan menjaga pernikahan dengan semaksimal mungkin.

3 dari 6 halaman

Komunikasi yang Terjaga

Ilustrasi Hubungan LDR Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Jangan pernah mengkhawatirkan pernikahanmu yang terpisah jarak dan waktu jika kalian memiliki komunikasi yang terjaga. Sama dengan kepercayaan, komunikasi yang terjaga adalah kunci utama langgengnya pernikahan. Dengan komunikasi yang terjaga, menandakan kalian memiliki rasa peduli, pengertian dan pemahaman yang baik untuk satu sama lain.

4 dari 6 halaman

Selalu Ada Waktu Bersama

Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Candice

Meski sedang terpisah jarak dan waktu, kalian yang bisa saling menyempatkan waktu bersama, menandakan bahwa kalian bakal memiliki pernikahan langgeng serta bahagia. Menyempatkan waktu bersama contohnya adalah, bisa tetap berkomunikasi dan saling melepas rindu meski sama-sama sibuknya. Kalian ada waktu khusus untuk video call, sekedar telepon atau bahkan merencanakan pertemuan bersama.

5 dari 6 halaman

Menghargai dan Mengerti Keadaan Satu Sama Lain

Ilustrasi pasangan yang menjalani LDR/copyright freepik.com/prostooleh

Saat kamu dan suami bisa saling menghargai dan mengerti keadaan satu sama lain, kalian bisa memiliki pernikahan jarak jauh yang bahagia serta penuh cinta. Menghargai dan mengerti keadaan satu sama lain, akan membuat perasaan lebih tenang. Ini juga memungkinkanmu bersama pasangan memiliki rasa percaya yang baik untuk satu sama lain.

6 dari 6 halaman

Memiliki Rencana Matang untuk Bersama

ilustrasi pernikahan/Photo by Chiến Phạm on Unsplash

Pernikahan jarak jauh yang bahagia, langgeng dan serius, ditandai dengan rencana matang kapan kalian akan saling bersama. Apapun risiko yang hendak dihadapi nantinya, tidak menyurutkan niat untuk kalian bisa saling bersama. Dengan bersama mungkin salah satu dari kalian akan mengorbankan pekerjaan, tapi itu sudah kalian pikirkan secara matang. Kalian pun tak akan masalah dengan hal tersebut. 

Itulah sekian tanda pernikahan jarak jauh yang bahagia serta bakal langgeng selamanya. Semoga informasi ini bermanfaat.