4 Tips Menggabungkan Keuangan untuk Pasangan yang Baru Bertunangan

Fimela Reporter diperbarui 29 Mei 2023, 09:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Keuangan memang merupakan topik yang cukup sensitif untuk diperbincangkan baik dengan teman, pasangan, maupun keluarga. Tak jarang keuangan menjadi pemecah diantara hubungan yang telah dibangun sejak lama. Namun, ketika kamu dan pasangan ingin menuju hubungan yang serius sebaiknya membicarakan terlebih dahulu permasalahan keuangan nantinya.

Kamu dapat membicarakan soal keuangan bersama pasangan sebelum menikah seperti setelah bertunangan. Bertunangan juga merupakan momen yang cukup penting karena untuk meminta izin antara dua keluarga untuk dapat melangsungkan pernikahan sehingga tentu setelah itu, kamu dan pasangan dapat mulai membicarakan keuangan untuk pernikahan ataupun kehidupan saat menikah. 

Pembicaraan keuangan dapat dimulai dengan cara pengelolaan seperti siapa yang akan mengatur, apakah ada pembuatan rekening bersama, perencanaan keuangan kedepannya, penganggaran pengeluaran yang sesuai dengan pendapatan, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut perlu dibicarakan supaya menghindari permasalahan keuangan dalam hubungan.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Tips menggabungkan keuangan untuk pasangan yang baru bertunangan

Ilustrasi Tips Menggabungkan Keuangan untuk Pasangan yang Bertunangan. Foto: pexels.com/Mikhail Nilov.

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk menggabungkan keuangan secara bersama, berikut terdapat beberapa tips yang dapat dicoba bagi pasangan yang sudah bertunangan, dilansir dari femcatholic.com.

Tunggu sampai kamu dan pasangan menikah

Saat merencanakan pernikahan akan ada banyak tekanan bagi kamu dan pasangan sehingga penting untuk menjaga keuangan tetap terpisah sampai tibanya terucap kata “saya bersedia”. Dengan ucapan tersebut, setidaknya kamu dan pasangan sudah saling siap dan bersedia untuk menggabungkan kehidupan bersama dan membicarakan finansial keluarga ke depannya. Selain itu, memisahkan keuangan sampai menikah juga mendukung kebebasan finansial dan emosional untuk membangun kehidupan bersama. 

Bersiaplah untuk berbagi

Sembari menunggu hari pernikahan, penting untuk kamu dan pasangan untk merencanakan bagaimana pembagian sebagai suami dan istri nantinya. Beberapa hal yang dapat dibicarakan seperti prioritas yang harus dibeli, disimpan, dan diinvestasikan. Selain itu, kamu dan pasangan juga harus saling memahami gaya hidup satu sama lain untuk memutuskan gaya hidup apa yang akan diterapkan dalam keuangan keluarga. Dengan memiliki perencanaan untuk arah keuangan hidup bersama, tentu akan membuat kamu dan pasangan lebih merasa damai. 

3 dari 3 halaman

Menetapkan tujuan untuk setiap akun yang akan digunakan

Ilustrasi Menetapkan tujuan untuk setiap akun yang akan digunakan. Foto: shutterstock/Dragon Images.

Terdapat banyak cara pengelolaan uang yang dapat diterapkan kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan dapat memilih untuk membuat rekening bersama yang terdiri dari beberapa untuk tujuan yang berbeda seperti satu rekening untuk semua pendapatan dan pengeluaran keluarga, dua rekening untuk masing-masing pasangan memenuhi kebutuhan individu, dan satu rekening lagu untuk tabungan dan investasi bersama sesuai dengan tujuan kamu dan pasangan. Dengan memiliki rekening bersama untuk pengeluaran keluarga, komunikasi kamu dan pasangan dapat berjalan dengan teratur mengenai uang yang akan masuk dan pengalokasiannya. 

Mencantumkan nama kamu dan pasangan untuk semuanya

Kamu dan pasangan dapat menyisihkan waktu untuk menambahkan nama satu sama lain ke semua akun yang dimiliki seperti tabungan, kartu kredit, hingga semua utilitas. Dengan mencantumkan nama kedua pasangan pada semua akun tersebut setidaknya dapat membuat terbaginya tanggung jawab yang lebih mudah dan menciptakan akuntabilitas serta kepercayaan sehingga tidak ada pengeluaran yang dirahasikan dan mengakibatkan masalah keuangan. Selain itu, juga dapat memberikan jaringan pengaman dalam skenario terburuk jika terjadinya kecelakaan atau meninggal. 

 

*Penulis: Fani Varensia.