Sukses

Beauty

5 Cara Terbaik Penggunaan Young Living Essential Oil

Jakarta Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, konsumsi obat dalam jangka panjang lebih banyak memberikan efek buruk ketimbang manfaatnya bagi tubuh. Tidak heran, banyak orang yang terlebih dahulu mengandalkan pengobatan alami dengan essential oil sebelum minum obat. Seperti pengalaman kami di sini yang membuktikan essential dapat dijadikan pertolongan pertama pada kondisi tubuh yang memburuk.

Faktanya, essential oil memang punya segudang manfaat, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga keperluan rumah tangga. Sangat wajar jika essential oil menjadi produk esensial yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup sehari-hari. Let’s say, one bottle for everything. Satu lagi bukti bahwa minyak atsiri ini memiliki banyak peminat adalah dengan hadirnya beragam komunitas essential oil, baik itu online maupun offline.

Ingin merasakan langsung manfaat essential oil namun masih ragu karena belum terlalu familiar dengan minyak ini? FIMELA berbicara dengan Anggit Wicaksono selaku Country Manager Young Living Indonesia (brand essential oil ternama asal Amerika), membahas tentang manfaat essential oil berikut dengan cara terbaik penggunaannya.

Meredakan Flu

Essential oil pada dasarnya tidak ditujukan untuk mendiagnosa, mengobati, merawat, atau mencegah penyakit apapun. Tapi jika ada penderita penyakit virus (seperti flu) merasa lebih nyaman memakai essential oil di kala proses penyembuhannya, maka bisa dikatakan essential oil dapat membantu dari segi relaksasi melalui proses aromaterapi.

Pengganti Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih yang beredar di Indonesia umumnya digunakan untuk tujuan sebagai penghangat tubuh. Sayangnya, tidak semua orang cocok pakai minyak kayu putih, yang memang sudah sangat lekat dengan kehidupan orang Indonesia. Sebagai alternatif, essential oil berupa Eucalyptus oil bisa dijadikan pilihan. Eucalyptus oil memiliki aroma yang dapat menghangatkan badan, dengan komposisi 100% pure essential oil. Penggunaan topikal harus diencerkan dengan carrier oil terlebih dahulu. Selain itu, Eucalyptus oil juga dapat di-diffuse untuk menciptakan lingkungan yang beraroma hangat dan nyaman.

Mengatasi Jerawat

Bukan hal baru pula bahwa essential oil berguna mengatasi jerawat. Bahkan sebuah studi menyebutkan essential oil mempunyai kekuatan mengobati jerawat yang sama efektifnya dengan benzoyl peroxide. Karena essential oil dari Young Living didaftarkan sebagai produk aromaterapi, pengalaman pribadi pengguna produk pada jerawat dapat berbeda-beda. Sehingga kerjanya mengobati jerawat tidak bisa dijadikan sebagai acuan standar yang akan memberikan hasil yang sama untuk setiap orang.

Dijadikan Facial Spray

Essential oil dapat digunakan dalam bentuk facial spray dengan melarutkan dengan cairan facial spray favorit kita untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Saat disemprotkan pada wajah ataupun digunakan sebagai parfum maka aromanya dapat membantu menciptakan suasana rileks yang diharapkan.

FYI, saat seseorang menggunakan aromaterapi, mereka mendapatkan manfaat yang seringkali tidak disadari sebelumnya, seperti merasa rileks, memiliki ketenangan batin, mendapatkan istirahat yang cukup, tidur berkualitas, sehingga meminimalisir tekanan pada ekspresi wajah, dan hasilnya proses penuaan seperti munculnya kerut-kerut halus dapat diperlambat.

Pembersih Rumah Tangga

Young Living sendiri memiliki lini produk khusus untuk pembersih rumah tangga yang dikenal dengan  Thieves Home Cleaning Kit, dan juga cairan pembersih, pencuci pakaian dan peralatan rumah tangga, hand sanitizer, sabun batangan dan tissue pembersih. Seluruh produk-produk tersebut mengandung essential oil seperti Bergamot, Clove, Lemon, Cinnamon, Eucalyptus dan Rosemary. Thieves Home Cleaning Kit belum tersedia saat ini di Indonesia.

Mulai dari Tiga Jenis Ini

Anggit Wicaksono merekomendasikan jenis essential oil dari 3 top produk Young Living Indonesia untuk kebugaran tubuh. Untuk yang baru mulai pakai essential oil, bisa pilih 3 jenis ini.

Lavender Essential Oil: Lavender yang beraroma menenangkan, merelaksasi, menyeimbangkan dan meningkatkan mood merupakan essential oil yang dapat mendukung kualitas tidur yang lebih baik dan memberikan rasa tenang setelah melewati aktivitas seharian yang penuh tekanan. Lavender essential oil dapat digunakan secara inhalasi; dihirup langsung atau menggunakan diffuser, dioleskan pada pelipis, dan diteteskan pada air mandi sebelum tidur malam.

Peppermint Essential Oil: Peppermint memiliki aroma yang dapat memberikan lompatan stamina dan membantu mengembalikan kewaspadaan mental dalam hal fokus sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk performa selama berolahraga ataupun di saat-saat kritis yang membutuhkan energi. Aroma peppermint juga sangat membantu merelaksasi jika diteteskan pada air hangat untuk merendam kaki yang lelah.

RC Essential Oil: RC adalah essential oil kombinasi dari Myrtle, Lavender, Cypress, Spruce, Peppermint, Marjoram, Pine, Citronella dan tiga jenis Eucalyptus (E. radiata, E. globulus, E. citriodora). Kombinasi kandungan tiga jenis Eucalyptus tersebut memiliki aroma menyegarkan yang membantu melegakan pernafasan sehingga RC dapat dihirup secara langsung, dioleskan pada dada, leher atau area tenggorokan serta dapat pula diencerkan dengan carrier oil saat digunakan untuk memijat . Aroma RC juga membantu meningkatkan semangat saat berolahraga.

Cara Terbaik Pakai Essential Oil

Essential oil bersifat potensial, sehingga prinsipnya start low and go slow. Pada kebanyakan orang 1-2 tetes Young Living Essential Oil sudah memadai, sehingga menggunakan lebih banyak mungkin untuk sebagian orang menjadi berlebihan. Essential oil dapat digunakan dengan cara inhalasi dan topikal. Inhalasi misalnya dihirup secara langsung, teteskan 1-2 tetes pada telapak tangan, gosok kedua belah tangan, hirup aroma dari kedua telapak tangan secara langsung. Sedangkan penggunaan secara topikal dengan cara dioleskan langsung pada lokasi bagian tubuh yang diinginkan ataupun menggunakan alat bantu roll on saat mengoleskan.

Bagi setiap orang yang baru hendak memulai menggunakan essential oil ataupun sudah sering menggunakan, disarankan tidak mengoleskan essential oil di area yang sensitif seperti sekitar mata, telinga, organ genital, dan membran mukosa (selaput lendir). Lakukan patch test dengan cara oleskan 1-2 tetes essential oil pada pangkal lengan bagian dalam. Biasanya akan timbul reaksi dalam waktu 5-10 menit jika kulit sensitif. Jika terjadi ruam, oleskan carrier oil pada area yang timbul ruam sesering yang dibutuhkan.

Akan lebih baik membaca terlebih dahulu label petunjuk penggunaan pada setiap botol produk karena petunjuk tersebut dapat berbeda tergantung cara penggunaan. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada label demi kenyamanan dan tujuan penggunaan essential oil bisa diwujudkan. Misalnya, bagi kulit sensitif dapat menggunakan “carrier oil”. Carrier oil seperti V6 yang dibuat oleh Young Living atau vegetable oil lainnya seperti coconut oil atau grapeseed oil dapat digunakan untuk mengencerkan essential oil. Carrier oil memastikan penggunaan essential oil secara topikal menjadi nyaman bagi kulit sensitif dan mencegah penggunaan berlebihan.

Tidak disarankan jenis vegetable shortening, butter, margarine ataupun turunan petroleum sebagai carrier oil. Jangan pernah menggunakan air kalau mengalami iritasi. Jika tanpa sengaja mengenai mata atau menimbulkan iritasi pada kulit, bilas dan nyamankan bagian yang iritasi dengan carrier oil. Ada banyak essential oil yang bisa digunakan untuk anak-anak, dan pastinya harus diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil sebelum digunakan.

;
Loading