Sukses

Beauty

Banyak Tren Makeup Muncul, Adrian Surya Tetap Setia dengan Gaya Avant-Garde

Jakarta (Avant-garde makeup look by Adrian Surya di LAKME Trend Gala 2018)

Avant-garde makeup look, menjadi karakter makeup yang melekat pada dirinya. Dari begitu banyak tren makeup yang muncul, Adrian Surya terlihat sama sekali tidak terpengaruh. Ia tetap memilih untuk mempertahankan ciri khasnya. Di awal kariernya sebagai makeup artist, gaya makeup teatrikal itu memang sudah mencuri perhatiannya.

Tiap profesi butuh prinsip dan komitmen. Keyakinan itu lah yang ia bawa sebagai pedoman untuk konsisten pada minatnya yang ingin tetap serius sebagai seorang makeup artist-avant garde. Tertarik ingin mengenal sosok makeup artist ternama ini lebih dekat, berikut cuplikan interview FIMELA bersama Adrian Surya Pradipa.

Question & Answer: FIMELA x Adrian Surya Pradipa

F: Ada cerita perjalanan karier yang menarik di balik profesi anda sebagai seorang makeup artist seperti sekarang ini. Flash-back ke beberapa tahun yang lalu, seorang Adrian Surya pernah menjadi seorang karyawan kantor, lalu merasa jenuh, hingga akhirnya jatuh cinta pada dunia seni merias wajah. Benarkah?

A: Ya. Saya pernah menjadi interior designer. Waktu itu tahun 2004, which is di tahun itu, profesi interior designer masih sangat terbatas, paling mentok kita hanya bisa bekerja sebagai penjaga toko. Tidak seperti sekarang, dimana interior designer sudah menjadi satu bagian dengan bidang arsitektur. Lalu saya berusaha membaca peluang. Jika saya bertahan di sini, saya tidak akan berkembang. Berawal dari modal nekat, akhirnya saya memutuskan untuk terjun ke dunia makeup artist.

F: Bagaimana cerita awal mula perjalanan anda sebagai makeup artist?

A: Masih di tahun yang sama, yaitu 2004. Saya masih bekerja sebagai interior designer, sekaligus makeup artist. Project makeup pertama saya terlibat dengan sebuah majalah cetak. Waktu itu mereka sedang mengadakan acara kostum party internal kantor, dan saya diminta sebagai makeup artist-nya,--menggantikan makeup artist sebelumnya yang berhalangan hadir. Itu awal mula saya bekerja sebagai makeup artist.

F: Look makeup pertama kali yang diterapkan di wajah model saat mulai berprofesi sebagai makeup artist?

A: Avant-garde makeup looks. Model pertama saya waktu itu adalah Ayu Dewi. Ayu akan melakukan photo-shoot bersama sebuah majalah cetak. Dan di luar perkiraan saya, ternyata look makeup itu disukai banyak orang.

F: Pengalaman yang paling berkesan selama perjalanan karier anda sebagai makeup artist?

A: Ekspektasi di luar dugaan, itu paling berkesan. Awalnya saya mengira makeup artist itu identik dengan sesuatu yang glamor, seperti bertemu dengan orang-orang terkenal misalnya. Tapi ternyata, dari perjalan yang saya lalui, kehidupan makeup artist tidak seperti itu. Kita bekerja 24 jam non-stop.

(Avant-grande makeup look by Adrian Surya di LAKME Trend Gala 2018)

F: Sebagai makeup artist yang sering terlibat sebagai makeup artist editorial, makeup artist selebriti terkenal, dan makeup artist backstage, mana yang paling berkesan?

A: Semua punya kesan masing-masing. Tapi yang paling menantang tentu di backstage. Pertama kali saya terlibat di backstage sebagai makeup artist di tahun 2004-2005. Waktu itu terlibat di acara kampus saya sendiri. Sedangkan saat menjadi makeup artist di backstage fashion show, kita merasakan yang namanya adrenalin rush! Waktu kita terbatas, sementara model yang perlu dimakeup jumlahnya belasan bahkan puluhan dengan look makeup yang tidak sama, seperti di LAKME Trend Gala 2018 kemarin, itu pengalaman yang paling berkesan sekaligus menantang untuk saya.

F: Makeup look yang menggambarkan karakter makeup seorang Adrian Surya Pradipa?

A: Saya memang paling senang dengan makeup avant-garde. Lain dari itu, bare makeup look dan makeup dengan sentuhan warna nude.

F: What is the importance of makeup mean in your opinion?

A: Makeup sebenarnya untuk membangun rasa percaya diri seseorang. Tapi secara fisik, makeup yang sering kita gunakan itu turut menggambarkan kepribadian atau karakter si pemakai makeup sesungguhnya.

F: Bagaimana menentukan makeup look yang sesuai dengan karakter atau pribadi client?

A: Menurut saya, dengar pendapat orang di sekitar ketika kamu menggunakan makeup. Orang yang gemar mencoba trend makeup, biasanya ada di tengah orang-orang yang gemar menggunakan makeup juga. Menurut saya, ketika seseorang atau lebih berpendapat makeup yang kita gunakan, “ihh...makeup lo biasa banget”, itu artinya makeup tersebut yang paling sesuai untukmu. Hahaha.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading