Sukses

Beauty

7 Bahaya Memakai Sampo, Salah Satunya Sebabkan Kanker

Sebagian besar dari kita tentu menganggap bahwa shampo adalah sebuah produk yang berfungsi untuk merawat rambut agar selalu bersih, indah dan sehat. Tapi di samping itu, ternyata shampo juga memberikan efek negatif pada rambut dan kulit kepala ketika Anda menggunakannya setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan bahan-bahan dalam shampo seperti dilansir dari boldsky.com.

    Kanker

    Sebagian besar shampo memiliki kandungan yang bernama Diethanolamaine (DEA), a wetting agent, dan nitrit. Nah, jika kandungan ini dikombinasikan, ternyata dapat menjadi zat yang bisa menimbulkan kanker. Selain itu, zat lain bernama parabens di dalam shampo ternyata juga bisa menimbulkan kanker payudara.

    Masalah hati dan ginjal

    Kandungan Diethanolamaine (DEA) atau disebut juga Triethanolamine(TEA), ternyata juga bisa mengancam kesehatan ginjal dan hati jika digunakan setiap hari. Saat memilih shampo, pastikan Anda memperhatikan komposisinya. Sebaiknya jangan pernah menggunakan sampo dengan harga murah karena tidak hanya merusak rambut tapi juga akan mengganggu kesehatan Anda.

    Masalah rambut dan kulit kepala

    Bahan lain yang berbahaya dalam sampo adalah SLS, yang dapat merusak akar rambut dan menyebabkan kerontokan. SLS yang merupakan bahan untuk menciptakan busa ternyata dapat menyebabkan peradangan dan iritasi serta masalah kulit kepala lainnya.

    Masalah mata

    Kandungan SLS atau SLES ternyata juga bisa menimbulkan katarak pada orang dewasa jika digunakan terlalu sering. Hal yang lebih mengejutkan adalah bahwa terlalu sering menggunakan sampo dapat menghambat perkembangan mata anak. Zat lain yang bernama Formaldehyde dapat menyebabkan rasa terbakar pada mata.

    Asma

    Beberapa komposisi pada sampo seperti DMDM hydanto in, diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, quaternium-15 serta bronopol adalah kandungan yang juga berbahaya. Terlalu sering menggunakan sampo bisa menyebabkan asma, sakit di bagian dada dan sesak napas.

    Masalah kulit

    Terlalu sering menggunakan sampo dapat menurunkan produksi minyak pada kulit yang bisa menimbulkan berbagai macam iritasi. Terlalu sering terkena sampo bisa menimbulkan ruam, gatal dan kulit memerah karena kandungan yang kurang begitu ramah dalam sampo.

    Kekebalan tubuh

    Terlalu sering menggunakan sampo ternyata juga dapat mengancam sistem kekebalan tubuh Anda, Ladies. Biasanya, kandungan yang bernama SLS atau SLES yang terkandung dalam sampo ternyata lebih bersifat merusak daripada menjaga kesehatan rambut.

(vem/rsk)
;
Loading