Sukses

Beauty

Air Garam Bisa Sembuhkan Sariawan, Seberapa Efektif?

Penyakit sariawan sering dikaitkan dengan kurangnya vitamin C. Namun ada banyak penyebab mengapa sariawan bisa muncul di rongga mulut dan menjadi pengganggu saat makan. Bisa jadi tergigit, perubahan hormon, kekurangan zat besi dan lain sebagainya.

Meski memang bukan penyakit serius, namun jika dibiarkan pasti mengganggu kenyamanan menjalani hari. Selain minum obat sariawan, ada salah satu cara menyembuhkan sariawan yang sering dilakukan orang, yaitu dengan berkumur air garam. Tapi benarkan cara ini efektif?

Secara umum, menurut drg. Wiena Manggala Putri dari Klikdokter.com, garam memiliki kemampuan mengisap kelembapan dengan proses osmosis, membunuh bakteri, mengurangi rasa sakit dan nyeri. Itu karena garam memiliki kandungan yodium, dan unsur natrium chloride yang di masuk ke dalam golongan halogen.

Tujuan utama berkumur air garam saat sariawan adalah untuk membunuh bakteri penyebab sariawan dan mengurangi rasa nyerinya, lebih baik lagi jika bisa mendukung proses penutupan luka sariawan.

Berkumur air garam untuk menyembuhkan sariawan/copyright Shutterstock.com

Caranya mudah, cukup melarutkan garam secukupnya dengan satu gelas air untuk berkumur. Berkumurlah selama 30 detik dan buang airnya. Lakukan 1-3 kali sehari. Jangan meminum air garam yang sudah digunakan berkumur.

Untuk mendukung proses penyembuhan sariawan, jangan lupa untuk menerapkan pola makan sehat dan banyak mengandung nutrisi, terutama makanan yang mengandung vitamin B12 dan zat besi.

Jadi apakah air garam bisa menyembuhkan sariawan? Tidak secara instan, namun berkumur air garam bisa menjadi salah satu cara alami pendukung pengobatan medis untuk menyembuhkan sariawan kamu ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
;
Loading