Sukses

Beauty

15 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Paha dan Bokong secara Alami

Stretch mark adalah kondisi yang biasa dialami para perempuan terutama pada perempuan yang sedang hamil. Selain dialami perempuan, stretch mark juga bisa dialami laki-laki. Apa itu stretch mark? Stretch mark adalah timbulnya guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter.

Stretch mark timbul karena saat terjadi peregangan kulit secara berlebihan. Tapi stretch mark juga bisa terjadi akibat mengkonsumsi obat-obatan dengan kadar streoid yang tinggi, kekurangan nutrisi, dan juga karena kegemukan(kelebihan berat badan), badan menjadi kurus dalam waktu yang singkat.

Kebanyakan orang menganggap bahwa stretch mark dan selulit itu sama. Tapi ternyata berbeda. Bedanya: stretch mark adalah guratan pada kulit yang disebabkan karena kulit yang meregang berlebihan, sedangkan selulit adalah terjadinya penumpukan lemak pada kulit.

Memiliki stretch mark pada kulit bisa menjadi hal yang menjengkelkan. Walaupun timbulnya pada bagian tubuh yang ditutupi, tetap saja stretch mark bisa mengganggu rasa percaya diri Anda. Bagi Anda yang merupakan ibu pasca melahirkan atau Anda yang sedang menjalani proses diet ketat sehingga badan tiba-tiba kurus dengan cepat, ayo kita simak langsung cara menghilangkan stretch mark berikut ini.

 

Cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark ada dua, yaitu cara menghilangkan stretch mark secara medis dan alami.

  1. Secara medis bisa dengan menggunakan salep atau krim (khusus untuk mengurangi atau menyamarkan stretch mark).
  2. Secara alami bisa dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang sudah banyak tersedia di alam.

 

Cara menghilangkan stretch mark secara medis

1. Minum air mineral

Meminum air mineral 8 sebanyak gelas sehari akan menjaga tingkat elastisitas kulit dan juga akan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

 

2. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna sebagai anti-oksidan. Selain itu mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya mudah: Oleskan air perasan lemon pada stretch mark, hal ini akan membantu untuk memacu regenerasi kulit yang membuat stretch mark cepat hilang.

 

3. Kentang

Kentang mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan Anti-oksidan-nya yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan stretch mark dengan segera.

Cara penggunaannya:

  1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus.
  2. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.
  3. Oleskan pada stretch mark.
  4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

4. Putih telur

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien, yang berfungsi untuk mengenyalkan wajah Anda juga mencerahkan kulit wajah.

Caranya:

  1. Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.
  2. Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

 

5. Lidah buaya

Menggunakan gel lidah buaya secara rutin pada stretch mark, bisa membantu merawat kulit agar kekenyalannya tetap terjaga dan elastis sehingga perlahan-lahan stretch mark akan hilang. Selain untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar.

Caranya pun mudah saja:

  1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
  2. Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

6. Salep atau krim penghilang stretch mark

Obat penghilang stretch mark bisa dengan mudah didapatkan di apotek atau supermarket. Berbagai merk obat-obat penghilang stretch mark ini saling menyatakan bahwa krim merk A atau B merupakan cara menghilang stretch mark dengan cepat. Tapi ternyata krim merk apapun hanya bisa menyamarkan saja, bukan menghilangkan seluruhnya.

 

7. Laser

Memang, jika menggunakan laser, dalam sekejab stretch mark pada tubuh Anda akan hilang. Tapi tentunya ada harga mahal yang harus dibayar. Selain itu juga menghilangkan stretch mark dengan menggunakan laser tidak menjamin 100 persen akan benar-benar hilang. Jika Anda berhenti tidak melakukan memberikan treatment laser pada stretch mark, maka bekasnya mungkin saja bisa timbul kembali.

 

8. Lotion

Perawatan secara rutin dengan menggunakan lotion yang cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki maka stretch mark perlahan-lahan akan menghilang. Dengan memakai lotion setiap hari akan menjadikan kulit semakin kenyal juga membantu untuk memperbaiki kulit.

 

9. Krim asam retinoat

Asam retionat atau retin-A telah terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Fungsi Retin-A bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

 

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan cepat

10. Minyak vitamin E

Vitamin E memang telah diyakini manjur dan efektif untuk mengatasi masalah kulit. Gunakanlah minyak vitamin E secara rutin untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

 

11. Minyak jarak

Minyak jarak juga terbukti manjur digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami, sebab minyak jarak mengandung banyak vitamin E yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. Caranya mudah saja. Cukup oleskan minyak jarak pada stretch mark sebanyak 2 kali setiap hari.

 

12. Minyak zaitun

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu untuk menjaga kadar air dalam kulit. Dan juga dalam minyak zaitun banyak mengandung anti-oksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan.

Caranya:

  1. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu.
  2. Lalu aplikasikan dengan cara mengoleskan pada stretch mark.

 

13. Cocoa butter

Cocoa butter mengandung mineral yang telah terbukti baik untuk kesehatan kulit, yaitu: kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E. Cocoa butter bisa digunakan untuk melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit.

Caranya: Cukup oleskan cocoa butter pada sctretch mark sebanyak dua kali sehari.

 

14. Bubuk coklat

Selain cocoa butter, ternyata bubuk coklat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sctretch mark.

Caranya adalah:

  1. Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.
  2. Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

 

15. Berolahraga

Olahraga adalah cara menghilangkan stretch mark yang mudah dan apmpuh, karena pada saat berolahraga kulit kita akan mengencang dengan sendirinya dan alami. Dengan begitu stretch mark akan menghilang secara otomatis.

 

Cobalah melakukan cara-cara di atas untuk mengatasi masalah stretch mark Anda. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Remajakan Kulit Hingga Atasi Jerawat, Ini Manfaat Masker Kayu Manis