Sukses

Beauty

Tretinoin, Bahan Aktif yang Ampuh Atasi Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Penuaan dini selalu nampak menakutkan bagi perempuan. Munculnya garis halus, bintik hitam, dan kerutan menjadi tanda awal penuaan dini. Beragam perawatan kulit dalam bentuk serum, krim, dan lotion bisa digunakan untuk memerangi penuaan dini. Namun, krim dan gel anti penuaan dengan tretinoin cukup populer di antara produk perawatan kulit.

Dikutip dari Real Simple pada Senin (1/4/2019) tretinoin merupakan sejenis retinoid yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain itu, kini tritenoin digunakan sebagai bahan anti penuaan. Menurut ahli kulit, bahan ini sangat efektif untuk mengembalikan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan bintik hitam.

Kebanyakan perempuan akan menggunakan retinol dan retinoid secara bergantian untuk mengatasi penuaan dini. Namun perlu dipahami bahwa keduanya tidaklah sama. Retinol umumnya dianggap lebih dapat ditoleransi oleh kulit sensitif. Sementara retinoid memerlukan resep dokter dan merupakan perawatan yang lebih kuat.

Namun tretinoin menjadi jenis baru yang merupakan vitamin A topikal dan dioleskan pada kulit. Ia termasuk dalam kategori retinoid. Para ilmuwan pun telah mengembangkan formula dengan kekuatan yang bervariasi dari bahan aktif tretinoin sehingga bisa dimasukkan ke dalam produk farmasi dan kosmetik.

 

Cara kerja tretinoin

Sejumlah besar produk tretinoin telah muncul dan menunjukkan keberhasilannya dalam mengurangi keriput, mengurangi hiperpigmentasi, dan menciptakan kulit awet muda dengan sensasi yang menyegarkan.

Menggunakan tretinoid dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang membuat sel kulit memeblah. Pergantian sel kulit akan menjadi lebih sering sehingga membantu menjaga komponen kolagen kita. Artinya krim, gel, maupun lotion dengan tretinoin dapat mengatasi jerawat dan keriput.

Jerawat ringan hingga sedang dapat diatasi dengan cara memunculkan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang catat. Pergantian sel yang cepat juga akan membatasi pembentukan jerawat baru. Demikian pula sel baru ini akan membantu meratakan area yang memiliki warna tidak merata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading