Sukses

Beauty

Penyebab Timbulnya Permasalahan Rambut Rontok Usai Persalinan

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok usai persalinan atau biasa disebut dengan postpartum hair loss adalah salah satu dari beberapa permasalahan yang kerap dihadapi para ibu sesudah melahirkan. Jika kamu sedang mengalaminya, tenang dan jangan panik. Kerontokan rambut usai persalinan merupakan hal yang sangat umum terjadi. Menurut American Pregnancy Association, kondisi tersebut dialami sekitar 40 hingga 50 persen ibu yang baru melahirkan.

Ketika berhadapan dengan permasalahan rambut rontok, tak jarang kepercayaan diri ikut menurun.  Melansir dari Instyle.com, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kerontokan rambut usai melahirkan, termasuk penyebab dan kapan semuanya akan kembali normal. Apa saja langkah-langkah yang dapat diambil untuk membantu mengatasinya.

Kenali penyebabnya

Sama seperti beragam permasalahan tubuh lainnya yang datang selama kehamilan, kelahiran, dan masa sesudahnya, kerontokan rambut dikaitkan dengan adanya perubahan hormon. Menurut Debra Jaliman, M.D., asisten profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine, kerontokan rambut yang berlebihan setelah melahirkan secara langsung berkaitan dengan peningkatan hormon yang terjadi selama kehamilan.

"Setelah melahirkan, kadar hormon akan kembali normal dan rambut akan rontok dalam volume yang banyak," ujar Dr. Jaliman. Menurut Fayne Frey, M.D., ahli kulit dan pendiri Fry Face.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya apakah dapat mencegah kerontokan rambut setelah melahirkan, jawabannya, tidak. Kerontokan rambut hanyalah sebuah siklus rambut yang tengah berusaha tumbuh kembali normal, jadi tidak perlu khawatir.

Walaupun kondisi ini jelas membuat frustasi, kedua dokter menambahkan bahwa kerontokan rambut bersifat sementara. Dr Jaliman mengatakan, kamu akan melihat rambut rontok yang berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan setelah melahirkan, dan akan kembali normal setelahnya.

 

Apa yang harus dilakukan?

Menurut Dr. Jaliman, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat selama kamu kerontokan rambut berlangsung. Berikut cara-caranya:

1. Hindari kuncir dan kepang yang terlalu ketat.

2. Jangan memakai pengering rambut atau catokan bersuhu tinggi.

3. Oleskan vitamin rambut secara rutin.

4. Gunakan produk yang mengandung biotin.

5. Konsumsilah makanan yang kaya akan buah dan sayuran.

Menurut Dr. Frey, Minoxidil yang dijual bebas, seperti Rogaine juga dapat membantu mengatasi kerontokan yang terjadi usai melahirkan. Kuncinya adalah sabar menunggu, lama-kelamaan kerontokan itu akan berhenti. Postpartum hair loss juga biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jadi, tidak perlu takut jika ini terjadi padamu.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading