Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Permasalahan Clogged Pores atau Komedo pada Wajah

Fimela.com, Jakarta Clogged pores atau pori-pori tersumbat dikenal dengan istilah komedo. Rasanya hal ini bukan masalah kulit yang langka, semua orang pasti pernah mengalaminya. Clogged pores bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti sel darah putih yang berlebihan, stres, atau minyak berlebihan.

Jika kamu juga sedang berjuang mengatasi masalah clogged pores pada kulit wajah, jangan khawatir. Dilansir dari stylecaster.com, Selasa (14/4/2020), berikut ini adalah beberapa cara mengatasi clogged pores pada wajah, penasaran?

1. Berinvestasi pada mesin pembersih

Saat ini, di pasaran banyak dijual mesin pembersih kulit wajah yang mampu membuka pori-pori, lalu membersihkannya. Setelah menggunakan mesin pembersih, baiknya lanjutkan dengan masker detoks agar kulit wajah benar-benar bersih.

2. Menggunakan masker wajah berbahan aktif charcoal

Bahan aktif charcoal atau arang dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran di bawah maupun di atas permukaan kulit yang seringkali menyebabkan clogged pores atau komedo. Gunakan masker wajah ini secara rutin.

3. Menggunakan parsley dan thyme

Sebagai bahan alami, parsley dapat mengeluarkan racun langsung dari kulit dan membantu menghilangkan apapun yang menyebabkan clogged pores pada wajah. Rendam parsley dalam mangkuk besar berisi air mendidih dan biarkan sampai suhunya turun.

Setelah itu, celupkan kain lap ke dalam mangkuk, baru aplikasikan ke wajah. Cara ini dapat membantu menghilangkan minyak di wajah yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pilihan lainnya adalah menggunakan thyme. Gunakan 3 sampai 4 sendok makan thyme dan campur dengan 1,5 gelas air panas, diamkan selama 30 menit, saring campurannya, dan gunakan sebagai pembersih wajah untuk mengatasi masalah komedo.

 

 

 

4. Gunakan foundation powder, bukan liquid

Carilah alternatif lain dari foundation liquid atau yang bertekstur cair. Pelembap berwarna, krim BB atau CC merupakan pilihan bagus dibadingkan foundation cair karena formulanya lebih ringan untuk diaplikasikan pada kulit berminyak.

5. Coba menggunakan gel

Berbeda dari krim atau masker, gel akan mendinginkan dan menenangkan kulit. Gel dapat membantu mengangkat kulit mati dan semua kontaminan yang membuat kulit kusam dan clogged pores.

6. Gunakan produk berbahan grapeseed oil

Grapeseed oil dikenal dengan manfaatnya yang beragam, mulai dari perawatan rambut, kulit, hingga pengobatan. Grapeseed oil juga dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

Kandungan vitamin E dan asam linoleat dalam grapeseed oil memungkinkan minyak ini bertindak sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Sudah pernah coba?

7. Membersihkan wajah setiap hari

Penumpukan kotoran dan makeup pada kulit dapat membuat clogged pores dan iritasi. Biasakan mencuci wajah setiap hari dengan produk yang sesuai dengan kondisi kulit, setiap pagi dan malam hari.

8. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit

Cari tahu jenis kulitmu, kemudian sesuaikan produk yang digunakan. Tidak hanya produk perawatan kulit, namun aturan ini juga berlaku ketika kamu membeli atau menggunakan produk makeup.

9. Menggunakan uap

Caranya, isi mangkuk dengan air mendidih, posisikan wajah di atas mangkuk untuk memungkinkan uang naik ke atas kulit wajah. Setelah itu, tepuk sampai kering.

Gunakan toner witch hazel untuk membersihkan dan menghilangkan bakteri di atas permukaan kulit. Akhiri dengan penggunaan pelembap dan minyak esensial untuk menghilangkan stres.

10. Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit kering. Kombinasikan dengan pembersih dan masker yang melembapkan, maka eksfoliasi akan menjadi cara terbaik memperbaiki masalah clogged pores.

#ChangeMaker

;
Loading