Sukses

Beauty

4 Cara Mengobati Kulit Kepala Kering dan Mengelupas Sampai Tuntas

Fimela.com, Jakarta Kulit kepala kering dan mengelupas membuat kita tidak nyaman dan menimbulkan ketakutan karena bisa terlihat orang. Namun jangan khawatir, kedua problem menyebalkan itu bisa diobati hingga tuntas tak berbekas.

Sebelum mengobati kulit kepala kering dan mengelupas, kita harus mengetahui penyebab masalah tersebut. Karena ada beberapa alasan kita menderita kulit kepala kering dan mengelupas, ini beberapa di antaranya dan cara mengobatinya. 

Kulit Kepala Kering dan Mengelupas karena Dermatitis Seboroik 

Melansir dari Glamour, dermatitis seboroik adalah istilah umum untuk ketombe. Penampakan dermatitis seboroik mungkin terlihat seperti kulit kepala kering, tapi hal yang sebenarnya terjadi justru karena terlalu banyak minyak.

"Ketombe disebabkan oleh produksi minyak berlebih atau sekresi lain di kulit," ujar ahli bedah kosmetik dan spesialis kerontokan rambut Dr. Carlos Wesley yang berbasis di New York.

Minyak pada kulit kepala akan memblokir pengelupasan kulit mati. Dan hal itu membuat sel-sel kulit mati menjadi jelas terlihat di sepanjang garis rambut.

 

Cara Mengobatinya dengan Sampo-Minyak Kelapa

"Pilihlah sampo anti-ketombe yang mengandung tar, zinc pyrithione, dan selenium sulfide yang terbukti cukup bermanfaat," ujar Dr Wesley.

Ia juga membagikan tips untuk mengoleskan sampo pada area kulit kepala, karena selama ini kebanyakan orang hanya mengaplikasikannya di helaian rambut. Gunakan tiga kali seminggu untuk mencegah ketombe kembali lagi. 

Pengobatan lain yang disarankan adalah perawatan dengan minyak kelapa di rumah untuk menenangkan kulit kepala. Perawatan ini idealnya dilakukan seminggu sekali.

"Pijat minyak kelapa ke kulit kepala, tutupi shower cap untuk membantu penetrasi, tunggu beberapa saat dan bilas hingga bersih," ujar Dokter Kulit Stainford-trained Laurel Naversen Geraghty, M.D.

 

 

Kulit Kepala Kering dan Mengelupas karena Produk Rambut dan Kebiasaan Styling

Jika kita tidak memiliki ketombe, bisa jadi penyebabnya adalah produk rambut atau kebiasaan styling. Seperti pemakaian gel, krim, balm, pomade, dan dry shampoo yang menumpuk di kulit kepala dan membentuk serpihan kecil dan gatal. 

"Mulailah dengan mengatur waktu mencuci rambut setiap kali memakai produk-produk di atas. Namun perlu diperhatikan keramas setiap hari akan membuat kulit kepala kering dan terlalu jarang keramas akan membuat minyak rambut menahan pengelupasan kulit pati," ujar Dr. Geraghty.

Jika masih tidak yakin penyebabnya, kita bisa pergi ke dokter kulit untuk pengujian tempel yang bisa melihat bahan apa yang memiliki reaksi negatif di kulit kita. Hasilnya bisa menjadi panduan dalam memilih produk rambut yang ramah di kulit kepala.

 

 

Kulit Kepala Kering dan Mengelupas karena Psoriasis

Proriasis adalah kondisi kulit yang umum terjadi, tanda-tandanya seperti mengelupas dan berkerak. Sisiknya pun lebih tebal dan lebih jelas ketimbang ketombe.

"Penderita psoriasi bisa memakai sampo yang mengandung tar batubara atau asam salisilat dan minyak mineral sebagai perawatan kulit kepala untuk membantu melembutkan dan menghilangkan sisik. Jika pergi ke dokter biasanya akan diresepkan obat steroid topikal yang mengendalikan psoriasis," lanjut Dr. Geraghty.

 

 

Kulit Kepala Kering Disebabkan Diet

Tahukan jika makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kulit kepala? Faktanya beberapa makanan berkabohidrat tinggi dapat meningkatkan penggumpalan kulit mati pada kulit kepala yang menghasilkan serpihan.

Cobalah mengurangi karbohidrat dan gula untuk melihat perbedaannya. Bisa juga mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk melawan kekeringan. Jangan lupa tetap terhidrasu dengan minum air lebih banyak.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading