Sukses

Beauty

Jenis Komedo Wajah dan Cara Mengatasi Komedo

Fimela.com, Jakarta Banyak masalah kulit yang sering terjadi pada perempuan, terutama komedo. Komedo adalah masalah kulit yang disebabkan karena pori-pori tersumbat. 

Komedo memiliki bentuk benjolan yang kecil, yang memiliki warna hitam atau warna putih. Komedo merupakan bakal jerawat ringan yang muncul di permukaan kulit wajah.

Agar tidak keliru, Sahabat Fimela harus mengetahui tentang beberapa jenis komedo, agar mudah diatasi. Berikut jenis komedo di wajah, dan cara mengatasi komedo, yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

Komedo Hitam

Jenis komedo yang pertama, yaitu komedo hitam atau yang sering disebut dengan komedo terbuka, yang biasanya muncul di hidung. Komode hitam terjadi karena pori pori yang tersumbat di bagian hidung, mengalami oksidasi oleh udara, dan membuat komedo berubah warna menjadi warna hitam. Selain itu, folikel kulit menjadi lebih besar, karena adanya penumpukan sebun dan sel kulit mati.

Komedo Putih

Jenis komedo yang kedua adalah komedo putih, atau yang biasa disebut dengan komedo tertutup, dan biasa ditemukan disekitar hidung. Komedo putih merupakn sebuah benjolan, yang disebabkan karena pori-pori tersumbat, namun tidak mengalami oksidasi. Komedo putih terletak dibawah epidermis kulit, sehingga tidak teroksidasi, dan memiliki warna putih serta ukuran kecil yang runcing.

Mikro Komedo

Jenis komedo yang berikutnya adalah mikro komedo. Mikro komedo merupakan komedo yang berukuran sangat kecil. Mikro komedo juga tidak terlihat oleh mata.

Mikro komedo sebenarnya muncul sebelum terbentuk komedo putih, maupun komedo yang hitam.  Karena memiliki bentuk yang sangat kecil sehingga harus dilihat dengan mikroskop.

Makro Komedo

Jenis komedo yang terakhir yaitu makro komedo, yang memiliki ukuran besar, dan sangat terlihat dibagian wajah. Jenis komedo makro komedo ini, biasanya memiliki ukurang diameter rata-rata 2 cm hingga 3 cm, sehingga komedo ini diberi nama makro komedo.

 

Cara Mengatasi Komedo

Memiliki komedo di wajah, bisa menyebabkan kepercayaan diri seorang perempuan menjadi menurun, jika komedo tidak segera diatasi.

Komedo bisa dihilangkan dengan cara mencuci wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit, tidak menggunakan produk kosmetik yang mengandung minyak dan memperbaiki pola makan yang baik serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan produk perawatan yang tepat akan membantumu untuk mengatasi komedo. Semoga bermanfaat.

;
Loading