Sukses

Beauty

Mengenali Porositas Rambut dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya, porositas rambut menentukan bagaimana rambut dapat mempertahankan dan menyerap kelembapan. Porositas dapat dipecah menjadi 3 kategori, yaitu rendah, normal, dan tinggi.

Rambut dengan porositas yang rendah memiliki kutikula terikat sangat berdekatan, rambut dengan porositas normal memiliki kutikula yang sedikit kurang terikat, sedangkan rambut dengan porositas tinggi memiliki kutikula yang tersebar lebih luas. Ada cara sederhana untuk menguji porositas rambut, seperti dilansir dari byrdie.com.

Kamu perlu menyiapkan segelas air dan sehelai rambut yang sudah dikeramas. Mulailah dengan menyisir rambut dan dapatkan rambut yang rontok.

 

 

Tips mengenali porositas rambut dan cara merawatnya

Letakkan rambut tersebut di gelas berisi air yang telah disiapkan sebelumnya. Rambut dengan porositas rendah akan mengambang, rambut dengan porositas normal akan mengambang lalu tenggelam perlahan, sedangkan rambut dengan porositas tinggi akan langsung tenggelam.

Jika kamu memiliki rambut dengan porositas yang rendah, secara teknis ini sebenarnya rambutmu dalam keadaan sehat. Rambut dengan porositas rendah adalah rambut sehat yang tidak dilembapkan dengan benar, lapisan kutikulanya utuh, namun tidak dilembapkan dengan benar, sehingga menjadi kering dan kusut.

Cara terbaik untuk mendapatkan kelembapan rambut seperti yang diinginkan adalah dengan mengaplikasikan kondisioner setiap minggu. Selain itu, gunakan minyak rambut, seperti minyak alpukat yang bisa menembus helai rambut dan membantu melembapkannya dari dalam, sebelum kamu keramas.

Tips mengenali porositas rambut dan cara merawatnya

Berbeda dengan rambut yang memiliki porositas normal. Rambut ini paling mudah dirawat karena kutikulanya cenderung lebih longgar, sehingga kelembapan lebih mudah menembus rambut.

Cobalah mengaplikasikan masker rambut yang mendetoksifikasi dan melembapkan rambut dengan produk yang tepat. Sedangkan rambut dengan porositas tinggi biasanya memiliki kutikula yang terangkat dan keropos.

Apapun jenis rambutmu, cobalah melakukan beberapa jenis perawatan; menggunakan minyak sebelum keramas, menggunakan produk sampo non sulfat, menggunakan kondisioner dengan jumlah protein dan kelembapan yang sama untuk menyeimbangkan helai rambut, dan lanjutkan dengan produk pelembap berbahan dasar air. Ingatlah bahwa menjaga rutinitas secara konsisten dan sederhana adalah cara terbaik untuk menjaga rambut tetap lembap.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kandungan Alkohol pada Produk Perawatan Kulit Wajah
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Kulit Leher agar Tidak Terjadi Penuaan Dini