Sukses

Beauty

5 Tips Memulai Rutinitas Perawatan untuk Mencerahkan Kulit bagi Pria

Fimela.com, Jakarta Konsistensi adalah dasar dari perawatan kulit yang baik. Kulit yang dirawat dengan baik akan meminimalisir kemungkinan kamu mengalami beberapa kondisi, seperti kulit berjerewat, iritasi, dan kemerahan.

Kaum pria lebih mungkin menghadapi kebingungan untuk memulai rutinitas perawatan kulit. Sebelum memulainya, pastikan kamu mengetahui jenis dan masalah kulitmu.

Jenis kulit yang paling umum adalah kering, normal, dan berminyak, sedangkan masalah kulit biasanya mengarah pada munculnya tanda penuaan, jerawat, hiperpigmentasi, kemerahan, dan iritasi. Dilansir gq.com, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai rutinitas perawatan kulit bagi pria.

1. Membersihkan

Membersihkan kulit wajah itu penting dilakukan di pagi dan malam hari. Ini akan menghilangkan kotoran dan minyak yang ada di kulit.

Selain itu, kulit yang bersih juga memungkinkan produk apapun yang kamu aplikasikan setelahnya terserap dengan lebih baik untuk menghasilkan manfaat maksimal. Caranya mudah, letakkan produk di telapak tangan terlebih dahulu, gosokkan kedua tangan untuk menghasilkan busanya, baru aplikasikan ke kulit wajah dengan gerakan melingkar.

Jangkau semua permukaan kulit wajah, mulai dari tulang pipi, hingga janggut. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk dengan menepuk-nepuk kulit hingga kering, bukan menggosok sebagai cara melakukan perawatan kulit yang tepat.

 

 

2. Menggunakan toner

Toner akan sangat membantu para pria dengan masalah kulit berjerawat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan memiliki tanda-tanda penuaan. Toner biasanya diaplikasikan dengan kapas, namun kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya menggunakan telapak tangan ke seluruh permukaan wajah.

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, gunakan toner dengan konsentrasi asam laktat atau salisilat tinggi. Idealnya, kombinasikan dengan kandungan menenangkan, seperti lidah buaya.

3. Menggunakan serum

Jika kamu adalah seorang pemula, mari berkenalan dengan serum. Serum adalah produk perawatan kulit dengan konsistensi gel atau lotion ringan yang mengandung bahan-bahan berperforma tinggi.

Serum biasanya hadir dalam kemasan botol tetes. Gunakan 2 sampai 3 tetes di telapak tangan, gosokkan terlebih dahulu, baru aplikasikan ke permukaan wajah, leher, dan garis rahang.

Untuk masalah kulit kusam, carilah produk dengan klaim "brightening" pada labelnya. Produk ini biasanya memiliki kandungan vitamin C dengan dosis tinggi.

4. Menggunakan krim mata

Kulit di area mata adalah yang paling tipis, selain bibir, sehingga kamu harus berhati-hati untuk merawat bagian tersebut. Krim mata diciptakan untuk mengatasi masalah kulit bengkak, kering, atau lingkaran hitam.

Gunakan sedikit saja, letakkan di jari manis, baru aplikasikan di kulit bawah mata secara merata. Aplikasikan dari sisi luar ke dalam dengan menepuk-nepuk lembut, bukan menggosok.

5. Menggunakan pelembap

Usahakan untuk menggunakan produk pelembap yang berbeda untuk pagi dan malam hari. Di pagi hari, gunakan produk yang lebih ringan dengan kandungan SPF.

Sedangkan untuk malam hari, kamu bisa beralih menggunakan produk pelembap dengan konsistensi yang lebih berat untuk meresap ke dalam kulit tanpa menyebabkan pori tersumbat dan munculnya jerawat. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading