Sukses

Beauty

Jangan Asal, Ini Kata Pakar tentang Menggunakan Garam Epsom untuk Mengatasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Mungkinkah mengoleskan garam pada jerawat? Lebih khusus lagi, mungkin kamu pernah mendengar tentang penggunaan garam epsom untuk mengatasi masalah jerawat.

Garam epsom sering digunakan untuk berendam, karena dipercaya dapat membersihkan kulit, sehingga banyak orang percaya bahwa garam ini juga dapat mengatasi jerawat. Ternyata, memang ada validitas mengenai gagasan tersebut, garam epsom dapat melakukan beberapa hal baik untuk kulit.

Dilansir dari byrdie.com, garam epsom adalah kristal magnesium sulfat, mineral. Ini telah lama digunakan dalam bidang kesehatan dan kebugaran sejak ditemukan pada abad ke 17.

Garam epsom juga memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan terkenal karena manfaatnya yang menenangkan pada otot yang sakit, bahkan kulit meradang. Namun, bukan berarti garam epsom dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

 

 

Penggunaan garam epsom untuk mengatasi jerawat

Secara teori, garam epsom baik untuk mengatasi jerawat karena magnesium sulfat bisa membantu meredakan pembengkakan dan peradangan, serta membantu tubuh dalam membersihkan racun. Garam juga bisa mengeringkan minyak berlebih.

Beberapa orang yang menggunakan garam epsom pada jerawat akan merasakan perbaikan yang sebenarnya tidak ada bukti ilmiah tentang hal ini. Seiring dengan manfaat anti inflamasi yang diklaim, garam epsom juga sering diposisikan sebagai eksfolian fisik yang baik, dapat mengelupas sel kulit mati dan membantu memerangi komedo dan kulit kusam.

Ini benar, walaupun garam dapat menjadi partikel yang terlalu besar, sangat mudah untuk mengiritasi kulit, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Pengelupasan dengan garam epsom seringkali dapat menyebabkan kulit menjadi merah.

Penggunaan garam epsom untuk mengatasi jerawat

Seperti kebanyakan bahan lainnya, reaksi alergi sebenarnya selalu mungkin terjadi jika kamu menggunakannya secara berlebihan atau tidak tepat. Lakukan uji coba terlebih dahulu di area kulit lainnya, sebelum menggunakannya di wajah.

Tidak ada pakar yang merekomendasikan penggunaan garam epsom untuk mengatasi jerawat. Ada banyak solusi lain yang telah dipelajari dan terbukti secara ilmiah, seperti benzoil peroksida secara topikal atau asam salisilat.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Alkohol sebagai Kandungan Produk Perawatan Kulit
Artikel Selanjutnya
Sampo Super untuk Kondisi Rambut Prima, Tingkatkan Percaya Diri Perempuan Indonesia