Sukses

Beauty

Mengenali Perbedaan antara Bisul dan Jerawat

Fimela.com, Jakarta Benjolan merah dan bengkak di kulit tidak selalu jerawat. Jerawat biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun bisul membtuhkan waktu lebih lama.

Penting untuk memahami perbedaan antara bisul dan jerawat. Jerawat biasanya memiliki manifestasi lain, seperti peradangan papula, komedo putih, komedo hitam, dan pustula.

Sedangkan bisul biasanya merupakan benjolan yang terisolasi. Meskipun berbeda, bisul dan jerawat memiliki satu kesamaan, bakteri dan folikel rambut, seperti dilansir byrdie.com.

 

 

Penyebab bisul dan jerawat

Bisul secara medis dikenal sebagai abses, yang adalah infeksi bakteri di kulit. Bisul dan jerawat muncul di permukaan kulit sebagai akibat dari folikel rambut atau pori-pori rambut yang terinfeksi dan meradang.

Kebanyakan bisul disebabkan oleh bakteri, jamur atipikal, bahkan virus. Sedangkan jerawat terbentuk sebagai hasil dari bakteri yang berbeda.

Menurut beberapa studi, bisul dapat ditularkan antar manusia, terutama karena praktik kebersihan yang tidak tepat. Bisul juga mungkin diturunkan dari orangtua.

Perawatan untuk mengatasi bisul dan jerawat

Kamu yang ingin menghindari bisul, disarankan untuk memakai pakaian dalam yang lebih longgar atau katun. Untuk kondisi bisul berulang, sebaiknya kamu segera minta bantuan ahli medis.

Hal yang sama berlaku jika kamu memiliki masalah jerawat membandel. Kompres menggunakan air hangat dapat membantu mengeringkan bisul.

Perawatan antibiotik oral juga mungkin dibutuhkan untuk mengatasi infeksi. Untuk perawatan di rumah, jerawat dapat diatasi dengan benzoil peroksida atau asam salisilat.

#ChangeMaker

;
Loading