Sukses

Beauty

Cara Tepat Pakai Sunscreen saat Bersepeda yang Wajib Diketahui

ringkasan

  • Sebelum bersepada gunakan sunscreen yang mengandung SPF yang sesuai
  • Memakai sunscreen tergantung dengan berapa lama seseorang akan bersepeda.

Fimela.com, Jakarta Bersepeda menjadi olahraga yang kini dilakukan banyak orang di tengah Pandemi Covid-19. Selain menerapkaan protokol kesehatan, melindungi sinar matahari dari kulit saat bersepada pun perlu dilakukan.

dr. Inneke Jane mengatakan selain membuat kulit sunbrun, sinar matahari dapat membuat wajah kusam, muncul tanda penuaan, hingga menyebabkan kanker kulit.

"Sinar UVA dan UVB dapat merusak kulit," ujar dr. Inneke dalam acara Live Instagra bersama Nivea.

Untuk itu, sebelum bersepada gunakan sunscreen yang mengandung SPF yang sesuai dengan aktivitas tersebut. dr. Inneka menyampaikan jika SPF atau Sun Protection Factor yang terdapat pada tabir surya mampu melindungi kulit.

 

Berapa SPF yang digunakan saat bersepeda?

SPF pada sunscreen biasanya memiliki angka misalnya SPF 15. Besarnya kandungan SPF akan menentukan berapa lama waktu kulit kita tahan lebih lama hingga terdampak sengatan sinar matahari.

Contoh, sunscreen dengan SPF 15, waktu kulit kita akan terdampak sengatan sinar matahari selama 15 (jumlah SPF) dikali 10 menit (lama waktu kulit memunculkan efek tersebut), berarti dalam 150 menit efek itu baru akan muncul.

Lalu bagaimana saat bersepeda? Dr. Inneke menyampaikan jika memakai sunscreen tergantung dengan berapa lama seseorang akan bersepeda. Jika 2-4 jam, maka perlindungan SPF harus lebih besar seperti SPF 50.

"Jadi tergantung berapa lama main sepedanya," tuturnya.

Sedangkan, jika olahraga seperti bersepeda hanya 15-30 menit bisa menggunakan SPF 30. Gunakan sunscreen tersebut 2 ruas jari untuk wajah dan 2 sendok makan untuk seluruh tubuh.

Carilah tabir surya water resistant agar tidak mudah hilang oleh keringat. Serta dengan formula yang liquid atau spray agar lebih nyaman.

"Dan jangan lupa ketika di dalam ruangan atau keadaan di luar teduh tetap menggunakan tabir surya. Jangan lupa gunakan kembali setelah membersihkan wajah," tutupnya.

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Melakukan Perawatan Kecantikan di Masa New Normal? RS EMC Berikan Solusinya
Artikel Selanjutnya
8 Cara Jadikan Wajah Bopeng Kembali Mulus