Sukses

Beauty

5 Tips Memilih Kandungan Moisturizer untuk Kulit yang Berminyak

Fimela.com, Jakarta Sering kali seseorang yang memiliki wajah berminyak melewatkan penggunaan moisturizer. Padahal wajah berminyak juga tetap membutuhkan moisturizer untuk melembapkan kulit. Karena selain melembapkan, moisturizer bisa membantu mengontrol kadar minyak di kulit wajah.

Moisturizer atau pelembap juga bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Rajin menggunakan moisturizer akan membuat kulit lebih cerah, memudarkan noda hitam. Selain itu, pelembap wajah akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Sebagian orang beranggapan kalau menggunakan moisturizer dapat memicu munculnya jerawat. Padahal moisturizer bisa menyembuhkan jerawat. Agar moisturizer berfungsi dengan baik di kulit wajah yang cenderung berminyak, yuk simak tips memilih kandungan moisturizer untuk kulit yang berminyak berikut ini:

Tips Memilih Kandungan Moisturizer

1. Water Based

Tips memilih kandungan moisturizer yang baik untuk kulit berminyak yang pertama, yaitu pilihlah moisturizer yang memiliki kandungan water based, atau yang kandungannya berbahan dasar air. Moisturizer yang memiliki kandungan water based dan biasanya memiliki tekstur lotion atau gel. Sehingga sangat ringan digunakan dan sangat mudah meresap ke dalam pori-pori kulit.

Kulit berminyak membutuhkan moisturizer yang kandungannya water based. Karena kulit yang berminyak cenderung lengket, mengkilap dan terlihat kusam. Moisturizer water based ini, bisa meningkatkan kelembapan dalam kulit wajah, tanpa menyebabkan minyak yang berlebih seperti moisturizer yang bertekstur krim.

2. Non Comedogenic

Pilihlah moisturizer yang memiliki kandungan non comedogenic, agar aman digunakan pada kuit wajah yang cenderung berminyak. Moisturizer non comedogenic atau non acnegenic, memiliki fungsi untuk membantu membantu mengontrol minyak berlebih di wajah. Kandungan atau tekstur moisturizer tidak menyumbat pori-pori, mencegah komedo dan mencegah munculnya jerawat di kulit.

3. Mengandung Hyaluronic Acid

Kulit berminyak adalah kulit yang sangat kering atau kulit yang sangat dehidrasi. Kulit berminyak membutuhkan moisturizer yang berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, seperti moisturizer yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini mudah diserap kulit wajah dan tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak, yang membantu meningkatkan air di dalam kulit, membantu mempertahankan kadar air di kulit, mengontrol minyak berlebih di wajah dan juga bisa membantu mencerahkan wajah.

Tips Memilih Kandungan Moisturizer

4. Mengandung Niacinamide dan Salicylic Acid

Untuk membantu mengontrol kulit yang berminyak, Sahabat Fimela bisa memilih moisturizer yang memiliki kandungan niacinamide dan salicylic acid. Kandungan ini sangat aman digunakan untuk kulit berminyak cenderung berjerawat. Kedua kandungan ini bisa membantu mengurangi minyak di wajah, mencerahkan kulit wajah, membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat di kulit wajah. Selain itu, gunakan moisturizer dengan kandungan asam glikolat, asam laktat, benzoyl peroxide, zinc dan retinoid.

5. Hindari Alkohol dan Parfum

Tips memilih moisturizer yang terakhir adalah pilihlah moisturizer yang tidak memiliki kandungan alkohol dan parfum. Karena kedua kandungan ini sangat tidak baik digunakan untuk kulit berminyak. Kandungan ini bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kemerahan. Kedua kandungan ini juga bisa menyebabkan kulit menghasilkan minyak lebih banyak, sehingga bisa menyumbat ke pori-pori, menyebabkan komedo hingga menimbulkan jerawat di kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading