Sukses

Beauty

Tips Menghilangkan Komedo agar Tidak Kembali Lagi

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh semua orang. Sebelum mencoba menghilangkan komedo dari kulit, ada beberapa hal yang harus kamu pahami terlebih dahulu.

Komedo sebenarnya adalah campuran antara minyak dan sel kulit mati yang telah teroksidasi di dalam pori-pori dan terpapar oleh udara. Ada dua jenis komedo yang umumnya diketahui, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup.

Dilansir dari allure.com, komedo terbuka ditandai dengan pembukaan folikel rambut yang melebar, yang disebabkan oleh penumpukan sebum, bakteri utama yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat dan peradangan. Dengan kata lain, komedo terbuka pada dasarnya adalah folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati, minyak, dan bakteri, sehingga menjadi bukaan lebar di permukaan kulit.

Ketika semua kotoran ini mengenai udara, akan teroksidasi dan mengubahnya menjadi warna hitam. Memiliki komedo bukan berarti kulitmu terlalu kotor.

Kabar buruknya, sebagian besar orang lebih rentan terhadap komedo. Untuk menghilangkan komedo, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan.

 

 

1. Untuk masalah komedo ringan, cobalah scrub asam salisilat

Jika kamu memiliki komedo, kandungan produk skincare yang harus dipilih sebaiknya asam salisilat. Asam hidroksi beta ini membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengelupas sel kulit mati dari permukaan kulit.

Cobalah scrub wajah yang lembut. Kombinasi pengelupasan fisik dari scrub bersama dengan pengelupasan kimiawi dari asam salisilat dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

Namun, kamu tidak boleh mengelupas kulit dengan scrub setiap hari. Aturan umumnya adalah 3 kali dalam seminggu untuk kulit berminyak atau kombinasi dan sekali semingu untuk kulit sensitif.

2. Untuk komedo membandel, gunakan krim retinoid

Retinoid dapat membantu mengatasi komedo dan pori-pori tersumbat dengan mengurangi kekakuan sel-sel yang menyumbat pori-pori, serta mempercepat laju pembalikan dan regenerasi kulit. Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan krim retinoid yang dijual bebas atau untuk kasus komedo yang lebih parah, resep krim retinoid bisa dicoba.

3. Untuk kasus yang parah, obat jerawat oral mungkin diperlukan

Jika semua cara gagal, hubungi dokter kulit untuk meresepkan obat oral. Obat-obatan ini biasanya akan menghilangkan komedo dan mencegah yang baru muncul lagi di masa mendatang.

4. Jangan lupa melembapkan kulit

Pelembap adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit apapun. Penting untuk menjaga keseimbangan kulit dan pelembap memungkinkan kamu untuk terus menggunakan produk pengelupasan kulit tanpa masalah.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading