Sukses

Beauty

5 Manfaat Air Mawar untuk Merawat Bibir yang Kering dan Cara Membuat Masker

Fimela.com, Jakarta Air mawar merupakan kandungan alami yang ada di dalam produk perawatan kulit. Air mawar ini sering digunakan untuk mengatasi kulit yang kering. Karena air mawar mampu menghidrasi kulit dan melembapkan kulit kering.

Tak hanya merawat kulit yang kering, air mawar juga memiliki manfaat untuk merawat bibir yang kering. Memiliki bibir yang kering bisa mengganggu penampilan, dan disebabkan karena berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah karena sering menggunakan lipstik.

Bibir yang kering juga harus dirawat dengan rajin, agar lebih lembap dan ternutrisi. Ada cara mudah untuk mengembalikan kelembapan bibir. Berikut manfaat air mawar untuk merawat bibir yang kering dan cara membuat masker bibir:

Penyebab Bibir Kering

Bibir yang kering sering disebabkan karena penggunaan lipstik yang matte. Bahkan lipstik juga bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Karena lipstik memiliki kandungan kimia yang bisa merusak lapisan kulit.

Sebenarnya bibir kering juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kebutuhan air di dalam tubuh kita sangatlah penting. Sehingga air putih harus dikonsumsi secara rutin untuk menghidrasi bibir kering, menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan kulit.

Terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari, juga bisa menyebabkan bibir menjadi mudah kering dan menggelap. Menggigit bibir dan menjilat bibir yang terlalu sering, juga menjadi penyebab bibir kering. Karena bisa melukai bibir, mengiritasi area bibir dan menghilangkan kelembapan bibir.

Manfaat Air Mawar untuk Bibir Kering

1. Melembapkan Bibir

Bibir kering biasanya ditandai dengan lapisan bibir yang pecah-pecah dan kasar. Untuk membantu mengurangi tekstur bibir yang kering ini, kamu bisa menggunakan air mawar untuk melembapkan bibir.

2. Mencerahkan Bibir

Tak perlu khawatir lagi mengatasi bibir gelap. Walaupun bibir gelap sangat mengganggu penampilan, tetapi bibir yang gelap dapat diatasi dengan air mawar, yang bermanfaat untuk mencerahkan bibir.

3. Menghidrasi Bibir

Air mawar memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E, yang bisa membantu menghidrasi bibir dan menjaga kadar air pada bibir tetap seimbang.

4. Mencegah Peradangan Bibir

Sering kali bibir yang kering karena iritasi, menyebabkan bibir menjadi keemerahan dan meradang. Sifat antiseptik yang ada pada bunga mawar bisa membantu mengurangi dan menenangkan bibir yang meradang.

5. Menutrisi Bibir

Bibir kering bisa disebabkan karena kurangnya asupan gizi dan nutrisi seimbang di dalam tubuh. Air mawar bisa bermanfaat untuk menutrisi bibir kering, serta melindungi lapisan bibir agar tidak mudah rusak akibat radikal bebas.

 

Cara Menggunakan Air Mawar untuk Bibir

Penggunaan lipstick matte yang terlalu sering bisa menyebabkan bibir menggelap, tekstur bibir menjadi kasar, bibir mudah pecah-pecah dan sangat kering. Untuk mengatasi bibir yang kering, air mawar dapat dicampur dengan air perasaan lemon atau jeruk nipis, yang memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan yang terdapat di dalam air perasan lemon dan jeruk nipis ini, bisa membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan bibir menjadi kering.

Selain membantu melindungi bibir dari serangan radikal bebas, kandungan tersebut bisa membantu melembapkan bibir, menutrisi bibir, mencerahkan bibir dan bisa digunakan sebagai eksfoliator pada bibir. Cara membuatnya sangatlah mudah, yaitu campurkan air mawar dan air perasaan jeruk nipis atau lemon, lalu aplikasikan pada bibir yang sudah dibersihkan selama 15 menit, kemudian bersihkan bibir dengan air. Rawatlah bibirmu maksimal seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading