Sukses

Beauty

Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat di Punggung

Fimela.com, Jakarta Sedang atau pernah mengalami masalah jerawat yang muncul di punggung? Baik itu jerawat kistik atau benjolan merah di punggung dan bahu, bisa sangat menyebalkan.

Jerawat punggung biasa dikenal sebagai bacne. Seperti di kulit wajah, punggung adalah rumah bagi sejumlah kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak yang disebut sebum.

Ketika bakteri, sel-sel mati, dan sebum menumpuk, ini dapat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan munculnya jerawat. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung.

1. Kelebihan minyak dan hormon

Sebagian besar jerawat munculnya karena perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit, ditambah dengan penumpukan sel kulit mati dan bakteri.

2. Gesekan dari pakaian dan aksesori

Jika yang muncul adalah jerawat bintik-bintik yang lebih menonjol di salah satu bahu, penyebabnya bisa jadi karena gesekan dari pakaian atau tali tas yang kamu gunakan. Perhatikan juga deterjen yang kamu gunakan.

 

3. Salah dalam cara membersihkan kulit

Olahraga sering dikaitkan dengan munculnya jerawat. Setelah olahraga, usahakan untuk langsung ganti pakaian dan mandi untuk menghilangkan keringat dan bakteri, sebelum menyumbat pori-pori.

4. Faktor genetika

Beberapa orang memiliki jerawat karena faktor genetika, yang membuat mereka menghasilkan lebih banyak minyak dan bakteri daripada orang lainnya.

Karena punggung memiliki kepadatan tinggi kelenjar keringat dan minyak, dan umumnya ditutupi dengan pakaian, area ini memang rentan terhadap panas, penyumbatan, dan tekanan. Semua faktor ini meningkatkan kemungkinan terbentuknya jerawat punggung.

Sabun juga dapat memicu timbulnya jerawat karena sifatnya yang cukup basa, dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah jerawat di punggung adalah menggunakan produk dengan kandungan yang tepat, melembapkan secara teratur, hindari paparan sinar matahari secara langsung, mengonsumsi vitamin, dan melakukan perawatan dengan profesional.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading