Sukses

Beauty

7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Madu adalah cairan yang memiliki tekstur yang kental, lengket, tidak berair dan tidak mudah menetes yang dihasilkan oleh lebah dan nektar bunga, sehingga memiliki rasa yang manis.

Madu bisa dikonsumsi dan bisa digunakan sebagai obat tradisional, yang bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit, karena madu memiliki berbagai macam kandungan yang menyehatkan seperti mineral dan vitamin.

Selain populer di dunia kesehatan, madu juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, karena kandungannya bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri. Berikut manfaat madu untuk wajah dan cara menggunakannya, dilansir dari Bola.com:

Manfaat Madu untuk Wajah

Madu asli memiliki kandungan berupa natrium, asam amino, zat besi, zink, kalsium, vitamin A dan vitamin D, yang baik digunakan untuk merawat wajah. Berikut manfaatnya:

Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat madu untuk wajah yang pertama, yaitu bisa membantu melembapkan kulit wajah yang kering. Karena kandungan madu memiliki sifat sebagai humektan.

Humektan adalah zat higroskopis, yang bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih lembap dan halus. Kandungan ini membantu mengunci cairan di dalam kulit wajah, agar tidak kering dan dehidrasi.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini pada kulit disebabkan karena faktor usia, terlalu sering menggunakan produk kosmetik, sering terpapar sinar matahari atau radikal bebas, serta menjalankan pola hidup yang kurang sehat.

Menggunakan madu sebagai salah satu produk perawatan kulit, bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, karena madu diperkaya dengan kandungan vitamin, asam amino, mineral dan antioksidan.

Mencerahkan Kulit

Tak perlu khawatir jika memiliki kulit yang belang. Karena menggunakan madu sebagai bahan alami membuat masker wajah, bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu, bisa membantu menghambat proses hiperpigmentasi di kulit yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Memperbaiki Jaringan Lapisan Kulit

Terlalu sering terpapar radikal bebas atau sering menggunakan riasan, bisa membuat lapisan kulit menjadi rusak, pecah-pecah dan teksturnya kasar.

Antioksidan yang ada di dalam madu ini, bisa membantu memperbaiki jaringan lapisan kulit, yang rusak akibat paparan radikal bebas. Madu juga bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit wajah.

Manfaat Madu untuk Wajah yang Lainnya

Mengontrol Minyak

Walaupun madu memiliki tekstur yang lengket dan kental, tetapi madu bisa membantu mengontrol kadar minyak alami di dalam lapisan kulit. Zat yang terkandung di dalam madu ini, membantu mengunci minyak dan cairan di kulit, sehingga kulit tetap kenyal, elastis dan lembap.

Mengurangi Jerawat

Madu alami memiliki sifat sebagai antiinflamasi dan antibakteri, yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan di dalam madu mampu menenangkan kulit wajah yang mengalami peradangan, lalu menyembuhkan jerawat tanpa memunculkan bekas jerawat di wajah.

Membersihkan Pori-Pori

Manfaat madu yang terakhir, bisa dijadikan sebagai eksfoliator untuk wajah, yang membantu membersihkan pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, debu dan kotoran. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Cara Menggunakan Madu sebagai Masker Wajah

Menggunakan Madu Alami

Madu alami diperkaya dengan kandungan antioksidan dan vitamin. Kamu bisa menggunakan madu alami untuk dijadikan sebagai masker wajah, yang bisa mencerahkan wajah dan mencegah tanda penuaan dini, dengan cara membasahi wajah terlebih dahulu dengan air hangat.

Setelah itu oleskan madu alami secara merata di seluruh wajah. Lakukan gerakan memijat wajah selama 3 menit, dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker ini maksimal 3 kali seminggu.

Mencampur Madu dengan Jeruk Nipis

Menggunakan masker wajah dengan campuran madu dan jeruk nipis, bisa membantu mencegah jerawat, membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Cara menggunakannya dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dan madu, lalu aplikasikan ke seluruh area wajah, terutama area yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai