Sukses

Health

7 Manfaat Madu Hitam untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Madu biasanya identik dengan rasa yang manis dan berwarna cokeklat. Namun bitter black atau yang biasa disebut dengan madu hitam, merupakan jenis madu yang memiliki warna hitam pekat dan rasanya pahit. Madu memiliki banyak rasa, karena pembuatan madu tergantung dari penyerapan sari tumbuhan yang berbeda oleh lebah.

Madu hitam merupakan madu yang diserap lebah dari pohon mahoni. Madu hitam memiliki warna pekat dan pahit, karena tidak melalui tahapan proses pembuatan madu seperti madu lain. Tetapi madu hitam memiliki banyak manfaat seperti madu yang lainnya.

Madu hitam sangat baik dikonsumsi pemilik kolesterol tinggi. Kandungan dalam madu hitam ini dapat mencegah stroke dan gagal jantung. Berikut 7 manfaat madu hitam, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh:

Manfaat Madu Hitam

1. Membantu Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh memiliki 2 macam kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan baik. Madu hitam memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kolesterol yang ada di dalam tubuh. Madu hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, yang tidak baik untuk tubuh, dan bisa menyebabkan penyakit. Tubuh yang yang memiliki kandungan tinggi kolesterol, biasanya bisa menyebabkan penyakit seperti jantung, dan juga penyakit seperti stroke. Jika kamu rutin mengonsumsi madu hitam, maka tubuh akan menjadi sehat karena kolesterol terkontrol, dan akan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

2. Manfaat Madu Hitam

Memiliki warna hitam dam pekat, membuat madu hitam memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Karena madu hitam bisa membantu mengontrol kadar gula darah, madu hitam ini sangat bermanfaat, jika dikonsumsi seseorang yang memiliki diabetes. Madu hitam memiliki rasa yang pahit, sehingga kandungan gula yang terdapat di dalam madu hitam, tidak sebanyak kandungan gula yang terdapat pada madu biasanya.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang selanjutnya, dapat melancarkan sistem pencernaan. Karena ada beberapa penyakit yang bisa mengganggu sistem pencernaan. Biasanya asam lambung adalah penyebab gangguan pada pencernaan. Rutin mengonsumsi madu hitam, bisa membantu membuat kandungan asam lambung menjadi menurun. Madu hitam bisa membantu mengatasi penyakit grasitis, tungkak lambung, dan masalah pencernaan yang bisa menghambat kinerja sistem pencernaan.

Manfaat Madu Hitam

4. Mengatasi Asam Urat

Madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi asam urat, yang sering terjadi di tubuh orang dewasa. Asam urat biasanya ditandai dengan radang persendian, yang mengalami rasa nyeri pada bagian sendi, dan pembengkakan pada sendi yang membuat seseorang susah bergerak. Asam urat biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti lutut, jari tangan, pergelangan kaki dan jari kaki. Rutin mengonsumsi madu hitam, maka akan terhindar dari asam urat, dan tubuh akan menjadi sehat.

5. Meningkatkan Stamina

Madu hitam memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh lebih berstamina, saat menjalani aktivitas sehari-hari. Rutin mengonsumsi madu hitam, dipercaya dapat membuat tubuhmu lebih berstamina, lebih kuat dan lebih sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu hitam memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Madu hitam memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terdapat di dalam madu hitam, bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, yang bisa merusak sel-sel kekebalan tubuh. Madu hitam juga memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa membantu menyembuh penyakit. Rutin mengonsumsi madu hitam akan membuat tubuhmu sehat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat madu hitam yang terakhir, bisa untuk kesehatan kulit, atau memiliki fungsi untuk membantu merawat kulit. Madu hitam merupakan bahan alami, yang bisa digunakan sebagai masker wajah, untuk menjaga kesehatan kulit. Karena sifat antiinflamasi dari madu hitam, madu hitam mampu mengatasi jerawat, dan dapat menyamarkan noda hitam pada wajah. Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu hitam, juga bisa membantu menyamarkan kerutan wajah, yang disebabkan karena proses penuaan dini di wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading