Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Ini Bikin Perempuan Terlihat Cepat Tua Sebelum Waktunya

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia pasti melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis-garis halus.

Namun selain dikarenakan proses alami, menurut Dr. Anita Soosay, seorang praktisi Kedokteran Estetika di Singapura, mengungkapkan ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa mempercepat penuaan. Sehingga secara tidak sadar, membuatmu terlihat tua sebelum umurnya.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, beberapa kebiasaan ini perlu diketahui untuk memperlambat penuaan dini agar membuat wajahmu tetap terlihat kinclong dan awet muda. Dilansir The Aesthetic Centre, berikut ini 5 kebiasaan yang bikin perempuan terlihat cepat tua.

1. Kualitas tidur yang buruk

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatanmu, tetapi juga mengakibatkan penuaan dini pada kulit lho. Dilansir Healthline, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kualitas tidur yang buruk menunjukkan peningkatan tanda-tanda penuaan kulit yang dibuktikan dengan garis-garis halus dan penurunan elastisitas.

Fungsi pelindung kulit yang berkurang, mengakibatkan pemulihan kulit lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidur dengan kualitas yang baik. Sehingga menyebabkan wajahmu terlihat lebih tua sebelum umurnya.

Tidur memberi tubuhmu kesempatan untuk menyegarkan dan meregenerasi sel. Karena itu, hindari kebiasaan begadang ya, sahabat Fimela.

2. Salah Posisi Tidur

Tak sedikit orang cenderung cuek dengan posisi tidur, asalkan nyaman dan nyenyak maka tidak menjadi masalah. Padahal, posisi tidur yang salah dapat berdampak pada penuaan dini lho.

Kompresi mekanis selama tidur bisa merusak kulit dan menyebabkan terbentuknya garis-garis halus yang permanen di wajah. Karena itu, hindari mengambil posisi tidur miring atau tengkurap.

Dalam sebuah penelitian, ahli bedah plastik menemukan banyaknya garis wajah pada pasiennya yang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi tersebut. Hal ini berakibat pula pada pembentukan kerutan dan kulit yang akan kehilangan elastisitasnya.

3. Terpapar sinar biru dari ponsel dan laptop

Tak bisa dipungkiri, sangat sulit mengabaikan laptop dan ponsel, terutama ketika sebagian besar aktivitas kita dilakukan secara online. Namun, sinar biru yang berasal dari ponsel ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur dan berdampak pada penuaan dini lho.

Dalam sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa HEV, atau sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, bisa menembus lebih dalam ke lapisan kulit daripada sinar UV matahari, sehingga membuat kulit menjadi rusak. Hal ini dikarenakan sinar biru memunculkan stres oksidatif pada kulit dan membuat kulit mengalami peradangan, penuaan dini, atau bahkan hiperpigmentasi.

Oleh karena itu, hindari pemakaian ponsel atau laptop terlalu lama, terutama saat menjelang tidur. Alihkan pada alternatif lainnya yang terbukti lebih aman untuk kulitmu.

4. Membiarkan kulit dehidrasi dan kering

Merawat kulit bukanlah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Terutama pada perempuan yang lebih rentan terhadap penuaan. Membiarkan kulit dehidrasi dan kering hanya akan memercepat penuaan dini.

Terkadang, karena memiliki kulit yang berminyak, banyak orang yang melewatkan pelembab pada wajahnya. Padahal faktanya, jenis kulit berminyak pun bisa mengalami dehidrasi. Kulit dehidrasi disebabkan oleh faktor ekternal seperti pola makan yang tidak sehat, cuaca, dan gaya hidup. Sementara kulit kering, disebabkan kurangnya kandungan minyak pada wajah kita.

Jika terus dibiarkan, maka kulitmu akan berubah jadi kusam, sensitivitas meningkat, hingga menyebabkan garis halus dan kerutan. Sehingga wajahmu akan kelihatan lebih tua sebelum umurnya nih.

5. Melewati sunblock

Tak bisa dipungkiri, kulitmu sangat berisiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, juga berdampak pada penuaan kulit dini.

Ini disebabkan oleh dua jenis radiasi UV yang terdapat pada sinar matahari, yakni UVA dan UVB. Di antara keduanya, UVA lebih berbahaya karena dapat menembus lebih dalam melalui lapisan kulut dan merampas perlindungan kulitmu. Radiasi UV juga meningkatkan kemungkinan penuaan dini pada kulit. Sedangkan UVB, meski tidak terlalu berisiko terhadap kerusakan kulut, tetapi bisa menyebabkan efek terbakar pada kulitmu.

Maka dari itu, untuk melindungi diri dari serangan panas, jangan pernah melewatkan sunblock dalam rangkaian perawatan kulitmu. Meskipun beraktivitas di dalam rumah, sunblock juga tak boleh dilewatkan. Seperti yang diketahui, sinar biru dari perangkat elektronik seperti ponsel dan komputermu berpotensi merusak kulit.

Penulis: Hilda Irach

#elevate women

;
Loading
Artikel Selanjutnya
29 Produk Varian Skincare Inovatif yang Disesuaikan dengan Kebutuhan Masing-Masing Individu
Artikel Selanjutnya
6 Rekomendasi Skincare dari Kim Soo Hyun Oppa untuk Tangkal Kulit Kusam