Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Masker untuk Mengangkat Komedo Membandel di Wajah

Fimela.com, Jakarta Komedo yang membandel di kulit wajah, sangat mengganggu penampilan, membuat tekstur kulit menjadi kasar, makeup susah menempel dan kulit terasa gatal.

Komedo yang tidak segera diangkat atau dibersihkan, bisa terinfeksi oleh bakteri dan menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Untuk mencegah munculnya jerawat, Sahabat Fimela bisa menggunakan masker yang berfungsi untuk mengangkat komedo.

Munculnya komedo di wajah ini bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pori-pori, akibat kelebihan minyak alami di wajah dan sel kulit mati yang menumpuk. Walaupun masalah kulit ini bisa dibersihkan dengan masker pengangkat komedo, tetapi harus berhati-hati saat memilih masker untuk wajah berkomedo.

Salah memilih masker untuk mengangkat komedo, bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di kulit wajah. Berikut rekomendasi masker untuk mengangkat komedo membandel di wajah, dilansir dari berbagai sumber:

Kandungan dalam Masker Komedo

Masker komedo sangat bagus digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah, mengontrol produksi minyak dan membantu mengurangi jerawat. Ada masker komedo yang memiliki kandungan bahan alami, seperti lemon.

Namun ada juga masker komedo yang memiliki kandungan bahan aktif, yang bisa membantu mengangkat komedo dan mengontrol produksi minyak, seperti retinol, AHA, BHA, PHA dan lain sebagainya.

Karena kandungan bahan aktif dalam masker komedo sangat keras, maka harus diimbangi dengan penggunaan masker yang mengandung pelembap, seperti kandungan glycerin, ceramide, asam amino, hyalronic acid dan semacamnya. Selain melembapkan, kandungan ini juga membantu mengurangi iritasi atau kemerahan di kulit wajah.

 

Jenis Masker Komedo

Masker komedo terdapat 2 jenis, yaitu masker yang bentuknya clay dan strip. Kedua jenis masker ini memiliki fungsi yang sama, namun cara penggunaan dan teksturnya berbeda.

Jenis masker clay cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. Masker jenis ini terbuat dari bahan tanah liat seperti bentonite clay atau kaolin clay, yang memiliki kandungan pelembap dan bahan alami. Masker jenis ini bisa dioleskan ke seluruh wajah, karena bisa membantu mengangkat komedo, mengontrol produk minyak dan membuat tekstur kulit menjadi lembut.

Sedangkan jenis strip mask, adalah masker yang tidak terlalu dianjurkan untuk kulit yang sensitif. Masker ini berbentuk seperti plester, yang ditempelkan di area hidung selama beberapa menit, kemudian setelah maskernya mengering bisa diangkat atau dicabut perlahan. Karena bentuknya plester, maka masker ini tidak perlu dibilas. Komedo dan semua kotoran yang menyumbat dalam pori-pori, bisa diangkat dengan masker ini.

 

Tips Menggunakan Masker Komedo

Kulit wajah yang sering menggunakan masker komedo, bisa teriritasi dan kulit menjadi semakin tipis. Jadi harus berhati-hati saat menggunakan masker untuk mengangkat komedo.

Kamu bisa menggunakan masker untuk mengangkat komedo ini, maksimal sebulan 3 kali saja di malam hari. Tapi kalau kulitmu terlalu kering dan sensitif, kamu bisa menggunakan masker ini sebulan sekali saja, untung mengurangi pengelupasan kulit atau menghindari over eksfoliasi di kulit wajah. Perlu diketahui juga, kalau masa regenerasi sel kulit adalah 28 sampai 56 hari.

Setelah menggunakan masker komedo, usahakan untuk menggunakan pelembap kulit wajah, untuk mengembalikan kelembapan kulit, mencegah dehidrasi dan memperbaiki lapisan kulit setelah mengalami pengelupasan.

Rekomendasi Masker Komedo

1. Watsons Charcoal Nose Pore Strip 10 Sheets

Rekomendasi masker mengangkat komedo yang pertama, yaitu Watsons Charcoal Nose Pore Strip 10 Sheets. Masker ini memiliki kandungan charcoal dan memiliki daya perekat kuat, sehingga komedo dan kotoran dalam pori-pori bisa terangkat. Harga masker strip ini sekita Rp 100ribuan.

2. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Produk yang selanjutnya adalah Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack. Produk yang satu ini termasuk jenis masker clay, yang memiliki kandungan bentonit dan kaolin. Kandungan tersebut mampu menyerap produksi minyak berlebih dan menutrisi kulit. Harga masker ini sekitar Rp 138ribuan.

3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Rekomendasi masker yang selanjutnya adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X. Masker clay ini mampu mengangkat kulit komedo, mengontrol minyak di wajah dan memberikan efek cooling. Harga clay mask ini sekitar Rp 190ribuan.

4. Biore Pore Pack Black

Biore Pore Pack Black adalah jenis masker strip yang praktis digunakan. Masker ini bisa membantu menyerap minyak yang berlebih di area hidung, serta mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori. Masker ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

5. Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Rekomendasi masker untuk mengangkat komedo yang terakhit, yaitu Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask. Masker ini termasuk jenis clay, yang juga bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Harga masker clay ini sekitar Rp 90ribuan.

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Sampo untuk Anak yang Aman Digunakan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah