Sukses

Beauty

Cara Mudah Membuat dan Manfaatkan Masker Wajah Daun Kelor di Rumah

Fimela.com, Jakarta Masker wajah menjadi salah satu perawatan kecantikan yang paling populer di kalangan wanita. Masker wajah diyakini dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, atau bahkan penuaan dini.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah adalah daun kelor. Dilansir dari Mayo Clinic, daun kelor dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, sehingga tidak heran jika daun kelor sering digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit.

Sebelum kita membahas cara membuat masker wajah dari daun kelor, perlu diketahu bahwa daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat daun kelor bagi kulit antara lain.

1. Mencegah penuaan dini

Dilansir dari Healthline, daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan sinar UV.

Dengan menggunakan masker wajah dari daun kelor secara teratur, kulit akan terhindar dari penuaan dini dan tampak lebih muda.

2. Memperbaiki tekstur kulit

Kandungan vitamin C pada daun kelor juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein penting untuk kesehatan kulit. Dengan menggunakan masker wajah dari daun kelor secara teratur, kulit akan terlihat lebih kencang, halus, dan lembut.

Cara membuat masker wajah alami dari daun kelor

3. Mencegah jerawat

Dilansir dari Nutrients, daun kelor memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Dengan menggunakan masker wajah dari daun kelor secara teratur, kulit akan terhindar dari jerawat dan tampak lebih bersih.

4. Memudarkan bekas jerawat

Selain mencegah jerawat, daun kelor juga efektif memudarkan bekas jerawat. Kandungan antioksidan pada daun kelor membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga bekas jerawat akan cepat hilang.

Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari daun kelor.

Bahan-bahan:

  • 10-15 lembar daun kelor segar
  • Air bersih

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih daun kelor dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.
  • Rebus daun kelor dengan air bersih selama 10-15 menit hingga daun kelor empuk.
  • Tiriskan daun kelor dan tunggu hingga dingin.
  • Haluskan daun kelor dengan cara ditumbuk atau di blender hingga bertekstur halus dan lembut.
  • Setelah halus, kamu bisa mengoleskan ke seluruh wajah kecuali area mata dan bibir.

Menjaga kulit tetap sehat dengan bahan alami

  • Biarkan masker daun kelor mengering selama 10-15 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Demikian cara menggunakan daun kelor sebagai masker wajah alami. Daun kelor efektif menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah, menjaga kelembaban kulit, dan membuat kulit terlihat lebih segar dan cerah.

Selain itu, daun kelor juga dikenal memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Kamu juga bisa merawat kulit wajah dengan menggunakan bahan alami lainnya. Menggunakan bahan alami sebagai perawatan kulit wajah menjadi cara paling aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, membantu menjaga keseimbangan pH kulit, membantu mengatasi masalah kulit, serta harga lebih terjangkau dan mudah didapatkan dibandingkan dengan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia.

Akan tetapi kamu juga perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui kebutuhan kulitmu dan kandungan seperti apa yang harus dihindari. 

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading