Sukses

Beauty

7 Tips Menghindari Bibir Kering saat Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa lebih dari 12 jam membuat metabolisme kita berubah. Ya, selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Tak heran jika kulit cepat kering, terutama di area bibir. Beberapa kejadian bibir pecah-pecah hingga mengelupas dan akhirnya dapat menyebabkan luka. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengatasi bibir pecah-pecah saat menjalankan puasa Ramadan.

1. Gunakan Scurb untuk Bibir

Setidaknya seminggu dua kali Sahabat Fimela harus melakukan pengelupasan kulit mati di bibir dengan scrub khusus untuk bibir. Cara lainnya, dirimu bisa menggunakan sikat gigi. Basahi bibir dengan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut. Lakukan secara perlahan agar tidak melukai bibir.

2. Gunakan Lip Balm

Untuk menghindari bibir kering, dirimu bisa menggunakan lip balm. Pilih pelembap bibir yang mengandung minyak alami dan SPF. Kandungan SPF ini bisa mengurangi terjadinya bibir kering. Selain itu kandungan SPF ini juga membantu bibir terlindung dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat bibir menjadi hitam.

3. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

Baik saat sahur dan berbuka puasa, sebaiknya kurangi makanan yang pedas dan asin. Makanan yang terlalu pedas dan asin akan membuat cepat haus, mulut dan bibir cepat kering.

4. Hindari Membasahi Bibir dengan Air Liur

Membasahi bibir dengan air liur membuat bibir cepat kering. Awalnya memang terlihat segar dan basah, tapi setelah beberapa menit bibirmu lebih kering dari sebelumnya.

5. Konsumsi Madu

Madu merupakan cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain mengonsumsinya, dirimu juga bisa mengoleskan madu di bibir. Jadi, oleskan madu sebelum tidur dan setelah makan.

6. Menginsumsi Air yang Cukup

Asupan cairan harus selalu tercukupi, terutama saat berpuasa. Penuhi asupan cairan tubuh dengan saat buka puasa dan sahur. Jika tubuh memiliki asupan air yang cukup, maka dapat mencegah terjadinya kuit kering di bibir atau pun kulit tubuh lainnya.

7. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain memberikan energi pada tubuh secara alami, buah dan sayur juga dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit terutama pada bibir. Cobalah untuk konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips yang dapat membantumu dalam menjaga kulit bibir agar tidak mudah kering dan mengelupas meskipun telah menjalankan puasa seharian penuh. Tetap perhatikan asupan cairan dalam tubuh agar tetap terhidrasi.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebagai Hari Kemenangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
Tips Makeup Tahan Lama dan Anti Nempel di Masker untuk Lebaran