Sukses

Beauty

6 Langkah Mudah Memperbaiki Tekstur Kulit yang Tidak Rata, Menurut Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Selain kulit berjerawat dan kusam, masalah kulit lain yang cukup mengganggu adalah tekstur kulit wajah yang tidak rata. Tekstur kulit yang rusak ini membuat makeup jauh lebih sulit diaplikasikan.

Ahli dermatologis, Paul Jarrod Frank mengatakan tekstur kulit yang tidak rata bisa disebabkan oleh kulit kering, noda, hilangnya kolagen akibat penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, hingga kurangnya eksfoliasi.

“Tekstur kulit yang tidak rata biasanya merupakan hasil dari sel kulit mati berlebih yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini dapat membuat area kulit terasa kasar atau bergelombang saat disentuh dan juga dapat membuat kulit tampak kusam." kata Frank, dikutip Byrdie.

Salah satu cara untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak adalah melalui tahapan skincare yang tepat. Berikut ini adalah langkah mudah memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata untuk mewujudkan kulit yang sehat dan glowing.

1.  Minum air

Memperbaiki tekstur kulit dapat dilakukan semudah tetap terhidrasi sepanjang hari karena kelembapan tersebut membantu membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus. Kulit yang lembab juga dapat mencegah kulit kusam, yang merupakan gejala umum dari tekstur yang tidak rata.

2. Rutin melakukan eksfoliasi

Penting untuk membersihkan sel-sel kulit mati tersebut seminggu sekali. Namun, hindari menggunakan exfoliant yang terlalu keras untuk kulit, seperti scrub dengan kandungan walnut yang kasar.

Karena exfoliant abrasif dapat menyebabkan microtears dan produksi minyak berlebih. Sebagai gantinya, gunakan chemical exfoliator yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengeksfoliasi kulit. Chemical exfoliator juga mempercepat proses regenerasi kulit dari dalam, sehingga kulit akan terasa lebih sehat.

3.  Coba facial oil

Meskipun mungkin tampak kontraproduktif pada awalnya, penggunaan minyak wajah sebenarnya dapat mencegah kulit memproduksi terlalu banyak minyak. Menggunakan minyak wajah dapat mengurangi hilangnya kelembapan ke atmosfer, dan dapat menyegel hidrator alami untuk meningkatkan tekstur.

4. Perbaiki dengan retinol

Joshua Zeichner, seorang ahli dermatologi bersertifikat merekomendasikan serum retinol di malam hari sebelum tidur untuk membantu merangsang pergantian sel dan produksi kolagen saat kamu tidur.

“Retinol sangat bagus untuk memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan,” kata Zeichner, dikutip Real Simple.

5.  Gunakan vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang harus dimiliki untuk melindungi kulitmu dari radikal bebas di lingkungan yang menyebabkan kulit tidak rata. Selain itu, vitamin C juga bagus untuk mencerahkan, sekaligus mengurangi munculnya garis-garis halus.

Sebagai bonus tambahan, opsi ini mengandung gliserin untuk membantu mempertahankan kelembapan. Namun perlu digaris bawahi, hindari penggunaan vitamin C dengan retinol. Sebab kedua bahan aktif ini jika dipakai secara bersamaan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Retinol dan vitamin C bekerja pada lingkungan pH yang berbeda. Retinol bekerja dalam pH yang lebih tinggi (basa), sedangkan vitamin C diformulasikan pada lingkungan pH rendah (asam). Jadi ketika digunakan secara bersamaan, retinol dan vitamin C tak dapat bekerja secara optimal.

6. Jangan lupa pakai SPF

Karena tekstur kulit yang tidak rata sering kali disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Pilihan ini dirancang khusus untuk wajah dan dapat dikenakan di bawah riasan. 

“Saya merekomendasikan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, spektrum luas, dan tahan air." ujar Dr. Robinson, ahli dermatologis.

 

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat yang Muncul karena Aktivitas Olahraga
Artikel Selanjutnya
Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusan