Sukses

Beauty

3 Manfaat Pasta Gigi untuk Jerawat

Fimela.com, Jakarta Lagi, lagi jerawat memang sangat mengganggu penampilan kamu, apalagi dengan adanya jerawat membuat wajah kamu jadi tidak bebas memakai makeup.

Biasanya ketika jerawat muncul, kamu langsung membeli obat yang dapat mengatasi jerawatmu. Padahal kamu bisa lho mengatasi jerawat hanya dengan memakai pasta gigi.

Seperti yang dikutip dari wajahjerawat.com, ada 3 manfaat dari pasta gigi untuk jerawat. Nah, biar kamu nggak penasaran, yuk disimak ulasannya.

1. Mencegah iritasi kulit. Bahan aktif dalam pasta gigi bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit. Iritasi banyak terjadi pada bagian kulit yang berjerawat. Daerah di sekitar jerawat akan menjadi lebih merah, ruam dan terkelupas.

Iritasi akan membuat jerawat menjadi lebih parah karena membuat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat menjadi lebih cepat tumbuh. Karena itulah memakai pasta gigi yang dioleskan pada malam hari selama beberapa jam bisa mengurangi iritasi dan menyebabkan bagian jerawat menjadi lebih kering.

Ilustrasi kulit iritasi. (via: istimewa)

2. Membantu mengecilkan jerawat. Kandungan bahan asam salisilat dan benzoil peroksida pada pasta gigi bisa membantu mengecilkan ukuran jerawat karena bisa membuat permukaan jerawat menjadi lebih kering.

Asam salisilat juga bisa membuat permukaan jerawat menjadi lebih lembut karena bisa membuat proses pergantian sel pada kulit menjadi lebih cepat. Sementara bahan benzoil peroksida berfungsi untuk mengurangi serangan bakteri pada jerawat. Bahan ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri terhenti sehingga mengurangi peradangan pada jerawat.

Ilustrasi wajah dengan jerawat. (via: divany.hu)

3. Membantu membersihkan jerawat. Jerawat yang kotor bisa menyebabkan peradangan sehingga jerawat menjadi lebih parah dan lebih sakit. Bahan aktif seperti hidrogen peroksida pada pasta gigi juga bisa membantu membersihkan jerawat.

Pasta gigi yang diterapkan pada bagian jerawat akan membuat jerawat menjadi lebih kering kemudian dalam pemakaian selama beberapa kali maka bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih bersih. Jerawat bersih akan membantu mengurangi efek buruk bakteri pada jerawat.

Bebas jerawat dengan rajin memcuci muka. (via: zona-sehat.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading