Sukses

Beauty

7 Rahasia Terbaik Merawat Rambut

Rambut adalah mahkota kepala kita yang ikut terbawa ke mana pun kita pergi dan ke dalam kondisi apa pun yang kita alami. Seringkali disadari atau tidak, rambut tidak kuat saat terkena berbagai kondisi yang mungkin biasa saja bagi kita. Ketika sudah rusak, perawatan dengan produk mahal harus Anda gunakan untuk mengembalikan kondisi rambut. Sebelum melakukan itu, ada baiknya Anda mencoba solusi-solusi berikut ini yang sesuai dengan masalah rambut Anda.

Rambut bervolume dan indah dengan silikon

Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung silicone, seperti kandungan dimethicone atau cyclomethicone yang ada dalam shampo, kondisioner dan produk rambut lainnya. Silikon akan melapisi rambut walaupun setelah dibilas, dan menjadikan rambut nampak lebih tebal dan rapi.

Air panas hilangkan kilau rambut

Keramas dengan air panas membuat minyak alami rambut ikut hilang sehingga rambut kehilangan cahayanya. Jika tidak memungkinkan untuk keramas dengan air dingin, cukup gunakan air hangat suam-suam kuku saja untuk membilas rambut indah Anda.

Protein lawan rambut bercabang

Pilih shampo dan kondisioner yang mengandung protein. Protein ampuh untuk memperbaiki rambut bercabang dan memperkuat rambut agar tidak bercabang lagi.

Ketombe vs minyak

Plak-plak ketombe di kulit kepala yang terlihat kering membuat kita terpancing untuk menghilangkan dengan cara menggosok kulit kepala dengan minyak. Padahal ketombe bukan karena kondisi kulit kepala yang kering, melainkan karena proses peradangan. Aksi gosok-gosok akan semakin memperparah ketombe. Sebaliknya, gunakan produk khusus penghilang ketombe.

Rambut keriting jangan disisir

Rambut keriting lebih mudah kering, kasar dan bercabang. Oleh karena itu jangan menggunakan sikat atau sisir pada rambut keriting, sebaliknya, gunakan hair pick atau sisir garpu bergigi jarang untuk menata rambut keriting. Pilih kondisioner yang mengandung polimer seperti polyvinylpyrolidone yang membuat rambut keriting mudah diatur.

Basahi rambut sebelum berenang

Agar chlorine tidak merusak rambut, basahi rambut dengan air biasa (bukan air kolam) sebelum masuk ke kolam renang. Rambut yang sudah basah sulit menyerap bahan kimia dari air kolam renang sehingga rambut Anda aman.

Makan ikan, kacang dan sayuran hijau

Rambut sehat dan kuat bisa Anda dapatkan jika nutrisi yang dibutuhkan tercukupi dari dalam tubuh. Oleh karena itu penuhi kebutuhan protein, omega-3 dan juga mineral yang dibutuhkan rambut dengan mengonsumsi ikan, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

BACA JUGA

Rambut Bermasalah? Hindari Memijat Rambut

Trik Menata Rambut Tetap Keren Saat Bad Hair Day

Cara Ampuh Mencegah Rambut Bercabang

Perawatan Khusus Untuk Rambut Kering

Kalau Ingin Rambut Hitam Alami, Ini Caranya

(vem/re-miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading