Sukses

Beauty

5 Alasan Pekerjaan Anda Bikin Gemuk

Usut punya usut, ternyata yang bikin Anda semakin gemuk adalah pekerjaan saat ini. Wah, kok bisa ya?

Bisa saja dong, apalagi jika Anda adalah pekerja kantoran yang lebih banyak duduk. Umumnya dalam seminggu Anda akan menghabiskan 40 jam lamanya duduk di belakang meja, mengerjakan segala pekerjaan ini itu di depan komputer atau laptop, dan hanya berdiri sejenak untuk mengambil air minum, ke toilet atau makan siang.

Apa saja yang menyebabkan kegemukan tersebut?

Tak banyak gerakan fisik

Duduk setidaknya 40 jam dalam seminggu membuat tubuh tak banyak bergerak. Akibatnya kalori di dalam tubuh akan berdiam dan tinggal di area paha, pinggul, pinggang dan perut.

Apalagi jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, lemak-lemak tersebut akan semakin menebal dan membangun lapisan-lapisan dinding yang kokoh dan sulit dibakar. Tak heran kalau Anda sudah diet mati-matian tapi tak kunjung langsing.

Doyan ngemil saat bekerja

Sudah kerjaannya duduk, masih ditambah hobby ngemil. Wah, cara ini benar-benar klop untuk membangun lemak di tubuh semakin tebal saja.

Makanan-makanan tinggi kalori dan juga manis, akan membuat lemak di dalam tubuh semakin subur. Kalau toh Anda butuh ngemil, setidaknya gantikan camilan Anda dengan menu yang rendah kalori.

Happy hour after office

Biasanya setelah penat dengan pekerjaan, Anda akan pergi ke mana? Sebagian besar akan menjawab pergi ke mall, makan dengan rekan kerja, atau having a party.

Sangat jarang bagi para pekerja kantoran membuang kejenuhan di tempat gym dan membakar lemak. Dan inilah yang menyebabkan jumlah lemak di dalam tubuh bukannya berkurang, tetapi bertambah dan bertambah setiap harinya.

Rekan kerja juga gemar ngemil

Jika di meja Anda sendiri saja sudah penuh makanan dan demikian juga di meja sebelah, ah this is the end of the world!

Umumnya mereka yang nyaman dengan kondisi kantor akan mengikuti kebiasaan rekan pekerja lainnya. Kebiasaan sama-sama doyan ngemil akan sulit membantu Anda menghentikan pasokan lemak ke dalam tubuh. Terutama bila Anda sulit sekali mengontrol keinginan makan dan mudah tergoda. Say bye-bye kepada langsing.

Tekanan sosial di kantor

Yang dimaksud dengan hal ini adalah ketika harus menjamu klien, memberikan entertain pada klien, mengikuti segala event sponsor kantor atau menghadiri acara syukuran rekan kerja. Mau tak mau Anda harus menghargai undangan mereka dan ikut makan juga. Di saat seharusnya Anda membakar lemak di gym, Anda malah menabung lemak. Alasan sosial ini memang yang paling sulit dihindari, terutama jika pekerjaan Anda berkaitan dengan lobby melobby, hmm... dilema juga ya.

Bagaimana solusinya?

Masyarakat pekerja di Indonesia terkenal kurang peduli pada kondisi kesehatannya. Jika di luar negeri tempat gym menjamur dan di pagi hari orang-orang sibuk membakar lemak dengan jogging, kita mungkin sudah sibuk mengejar jam karena takut macet. Adalah kesadaran yang harus muncul dari diri sendiri untuk mendisiplinkan diri dalam berolahraga. Waktu itu akan selalu ada, hanya kembali pada Anda bagaimana memaintainnya.

Untuk itu, pastikan setidaknya dalam seminggu Anda memiliki 90 menit - 135 menit berolahraga, sehingga lapisan-lapisan lemak di tubuh tidak terbentuk.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading