Sukses

Beauty

Mencegah Kanker Payudara Dengan Mengangkat Payudara, Efektifkah?

Kanker payudara masih menjadi penyakit mematikan yang sangat ditakuti para wanita. Banyak wanita makin khawatir terkena penyakit ini, apalagi jika memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara.

Kemajuan ilmu kedokteran membuat para wanita bisa melakukan tes berapa besar kemungkinan mereka terkena kanker payudara. Jika hasilnya besar, beberapa wanita memutuskan mengangkat payudaranya sebelum terkena kanker. Cara ini dilakukan aktris Angelia Jolie yang berisiko 87 persen terkena kanker payudara, juga Miss USA Allyn Rose. Mereka mengangkat payudara sebelum terkena kanker payudara. Apakah cara ini efektif?

Dilansir Indiatimes.com, inilah beberapa hal tentang operasi pengangkatan payudara untuk mencegah kanker payudara atau dikenal dengan double mastectomy.

Apa itu double mastectomy?

Double mastectomy adalah operasi pengangkatan dua payudara walaupun seseorang belum didiagnosis atau belum terkena kanker payudara.

Mengapa operasi pengangkatan payudara dilakukan?

Angelina Jolie dan beberapa wanita lain melakukan operasi pengangkatan payudara karena membawa gen BRCA1 yaitu gen yang membuatnya berisiko 87 persen berisiko terkena kanker payudara. Dengan mengangkat kedua payudaranya, risiko tersebut menurun hingga hanya 5 persen.

Bagaimana prosedurnya? Apakah payudara akan benar-benar hilang?

Dalam double mastectomy, mengangkat atau menghilangkan payudara tidak benar-benar menghilangkan payudara. Dalam double mastectomy, yang diambil adalah jaringan payudara sebanyak mungkin. Dalam kasus Angelina Jolie, karena dia ingin operasi rekonstruksi, dokter akan mengisi kulit payudara agar tetap elastis. Angelina juga akan memakai implan sembilan minggu kemudian.

Bagaimana gen dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita?

Rata-rata wanita memiliki risiko 12 persen mengalami kanker payudara di sepanjang hidupnya. Sedangkan wanita yang mewarisi gen pembawa kanker memiliki risiko 5 kali lebih besar. Di Amerika Serikat, sekitar 5 hingga 10 persen kanker payudara disebabkan oleh gen BRCA1 dan BRCA2.

Bagaimana cara mengetahui ada tidaknya gen itu dalam diri kita?

Tes genetik bisa dilakukan dengan memeriksa sampel darah. Di Amerika Serikat sendiri, belum ada anjuran agar wanita melakukan tes untuk mengetes ada tidaknya gen BRCA1 or BRCA2. Tes ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, sekitar ribuan dolar atau puluhan juta rupiah. Wanita biasanya memiliki yang lebih besar jika keluarga dekatnya juga mengalami kanker payudara atau kanker rahim. Angelina Jolie sendiri pernah mengatakan bahwa ibunya berjuang melawan kanker payudara selama sepuluh tahun sebelum akhirnya meninggal di usia 56 tahun.

Apakah ada cara lain mencegah kanker payudara jika tahu memiliki gen kanker?

Dokter biasanya merekomendasikan mammogram atau MRI terlebih dahulu untuk mengetahui ada tidaknya titik kanker payudara, tetapi in hanya untuk memeriksa, bukan mencegah. Obat-obatan juga bisa diberikan, tetapi dalam penggunaan yang sangat panjang. Sementara itu, menurut Dr Dr Emma Pennery, clinical Direktur Breast Cancer Care, operasi pengangkatan payudara adalah keputusan yang tidak mudah dan tidak bisa diputuskan dengan terburu-buru.

Apa cara terbaik mencegah kanker payudara?

Selain mengangkat payudara, menjaga pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk mencegah kanker payudara. Mengonsumsi makanan sehat, mengontrol berat badan, olahraga, tidak minum banyak alkohol, dan sebisa mungkin menghindari stres.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

BACA JUGA:

Angelina Jolie Operasi Angkat Payudara Agar Tidak Kena Kanker

Lebih Sehat Tidur Tanpa Bra

Miss USA Sengaja Hilangkan Payudara Agar Tidak Kena Kanker

5 Cara Mencegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard)

Tato Puting Payudara Jadi Tren Kecantikan Wanita

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading