Sukses

Beauty

7 Penyebab Sakit Kepala Yang Tak Terduga

Sakit kepala yang tiba-tiba datang memang sangat menyebalkan. Selain menyiksa, juga bisa membuat banyak aktivitas terbengkalai. Apakah Anda termasuk salah satu yang sering mengalami sakit kepala?

Penyakit yang sering dianggap remeh ini sebenarnya bukan hanya datang dari faktor kondisi tubuh yang melemah, namun juga dari beberapa hal berikut ini.

Ikatan Rambut

Pusing bisa disebabkan oleh ikatan rambut yang terlalu kencang atau tatanan rambut yang membebani kepala Anda. Selain itu, apapun yang mengikat kencang di kepala seperti topi, bando, jepit kecil dan sebagainya bisa membuat kepala lebih tegang dan menyebabkan pusing.

Makanan Dingin

Ada sebuah istilah ice cream headache yang merupakan sakit kepala tiba-tiba. Umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin sehingga membuat peredaran darah membengkak.

Pusing seperti ini pada umumnya akan hilang dalam beberapa menit. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala ini, sebaiknya konsumsi makanan dingin lebih perlahan.

Kecanduan Kafein

Salah satu penyebab sakit kepala lainnya adalah kecanduan kafein. Hal ini bisa jadi karena Anda terbiasa mengonsumsi kopi, sehingga ketika Anda menghentikannya secara mendadak, maka Anda akan mengalami sakit kepala. Bila Anda ingin berhenti minum kopi, kurangi dosis kopi Anda secara bertahap.

Dehidrasi

Sakit kepala saat dehidrasi akan muncul sebelum Anda menyadari bahwa Anda haus. Cara mengatasinya tentu dengan mengonsumsi banyak air secara teratur. Makan buah dan sayur juga bisa membantu Anda menyimpan lebih banyak air. Lakukan kebiasaan ini saat cuaca panas, sakit dan olah raga.

Travelling

Bepergian ke tempat wisata juga bisa membuat Anda mengalami sakit kepala. Terutama Anda yang melakukan perjalanan dengan jarak cukup jauh dan menghabiskan lebih banyak waktu di perjalanan. Yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini adalah istirahat yang cukup sebelum bepergian karena Anda membutuhkan tubuh yang fit, serta sering minum air putih agar tetap terhidrasi.

Bau

Bau yang begitu kuat di udara bisa membuat Anda mengalami pusing, apalagi bila hidung Anda tergolong sensitif. Beberapa bau-bauan yang bisa membuat pusing adalah parfum, cat, beberapa jenis bunga, asap rokok dan produk pembersih.

Malas-malasan

Meski orang yang memiliki kegiatan padat akan rentan terkena sakit kepala. Namun, menurut penelitian, mereka yang tak malas-malsan dan tak rajin berolahraga akan lebih rentan terkena sakit kepala daripada mereka yang jarang olahraga.

Baca Juga

Wanita Ini Dihujat di Twitter Gara-Gara Statement 'Big Is NOT Beautiful'

Bayi Beresiko Buta dan Tuli Bila Anda Tak Waspada Rubella Sebelum Hamil

Tips Sehat Untuk Yang Suka Makan Tapi Takut Gemuk

Aneka Jenis Makanan Yang Bisa Bikin Good Mood

Minum Kopi Beresiko Terkena Gangguan Mental?

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading